Makna Senyuman Raja Salman Kepada Ahok Bikin Haters Kejang-kejang





Beritaterheboh - Sosok Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang kontroversial di Indonesia, bahkan mungkin di dunia, lantaran menyandang status terdakwa kasus penistaan agama Islam, tidak menutup kemungkinan juga diketahui oleh Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz Al Saud, sebelum berkunjung ke Indonesia.

Menariknya, saat Raja Salman menginjakkan kaki pertama kali di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (1/3/2017) kemarin, Ahok terlihat hadir menyambut kedatangannya. Bahkan, mantan Bupati Belitung Timur itu mendapat kesempatan bersalaman dengan Raja Salman.

Tampak dari foto yang beredar luas di dunia maya, "penjaga dua kota suci umat Islam" itu terlihat senyum saat bersalaman dengan Ahok. 

Lantas apa makna dari senyuman Raja Salman?

"Lambang nonverbal saat Raja Salman menyambut salaman Ahok terlihat penuh kehangatan, dan penuh senyum sumringah," kata pengamat komunikasi politik nasional Emrus Sihombing kepada Netralnews.com, Kamis (2/3/2017).

Komunikasi nonverbal yang ditunjukan oleh Raja Salman menurut Emrus, pertanda jika Ahok di mata Raja ketujuh Arab Saudi itu adalah sosok yang tulus.

"Wajahnya menunjukkan bahwa memang tidak ada sesuatu yang terselip di hatinya. Artinya bahwa sesungguhnya Raja Salman melihat Ahok sebagai tokoh yang tulus dan tidak mempunyai niat untuk melakukan sesuatu yang menyinggung keberadaan kelompok atau agama tertentu," ungkapnya.

"Karena kita lihat tidak ada raut wajah raja atau kerut kening yang menunjukan penolakan, tapi justru yang ada lambang nonverbal yang tersirat di wajahnya penuh kehangatan dan penuh pengakuan," ujar Emrus.

Selain itu, komunikasi nonverbal yang ditunjukan oleh Presiden Joko Widodo yang melihat kehangatan Raja Salman dan Ahok saat bersalaman, disebut Emrus sebagai wujud apresiasi.

"Kemudian disaksikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo. Beliau juga memberikan senyum, ini artinya memberi apresiasi atas salaman kedua tokoh tersebut," papar Direktur EmrusCorner itu.(netralnews.com)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makna Senyuman Raja Salman Kepada Ahok Bikin Haters Kejang-kejang"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.