Jakarta Provinsi Terbaik, Ahok Terima Dua Penghargaan




Beritaterheboh.com - Provinsi DKI Jakarta menyabet dua Anugerah Pangripta Nusantara, Rabu pagi (26/4). Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama menerima penghargaan dari Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro karena menjadi provinsi dengan inovasi terbaik pertama dalam perencanaan.

Tak hanya itu, Ahok juga menerima penghargaan sebagai provinsi terbaik kedua dalam perencanaan terbaik 2016. Penghargaan diberikan bertepatan dengan pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Nasional hari ini yang dihadiri oleh para kepala daerah seluruh Indonesia.

Bappenas memberikan Anugerah Pangripta Nusantara kepada provinsi, kabupaten, dan kota berprestasi dengan dua kategori. Pertama kategori perencanaan terbaik. Posisi pertama diserahkan kepada Daerah Istimewa Yogyakarta, sementara posisi ketiga diisi Sumatera Selatan.

Tiga Kabupaten dengan perencanaan terbaik yakni Tabanan- Bali, Ende- Nusa Tenggara Timur, dan Sigi- Sulawesi Tengah.


Sementara itu, penghargaan terhadap kota dengan perencanaan terbaik diberikan kepada Batu, Jawa Timur; Pekalongan, Jawa Tengah; dan Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

Selain Jakarta, daerah lain yang dinilai berhasil memberi inovasi dalam perencanaan adalah Muara Enim, Sumatera Selatan. Di sisi lain, daerah dengan peningkatan tertinggi dalam kualitas perencanaan ialah Provinsi Sulawesi Tengah.

Pemerintah juga secara khusus memberikan penghargaan kepada Provinsi Jawa Timur karena berhasil memberikan alternatif pembiayaan skema pemerintah dan badan usaha dalam menyediakan air minum.

Sementara itu di Balai Kota, Ahok menerima banyak tamu sebelum bertolak ke agenda Musrenbang. Ratusan warga pendukung Ahok dan Djarot Saiful Hidayat tampak sangat bersemangat mencurahkan dukungan kepada pasangan petahana yang kalah dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017.

Layaknya konser musisi papan atas, teriakan penyemangat langsung bergema di area pendopo Balai Kota begitu Ahok tiba di Balai Kota pukul 07.30 WIB. Ritual melayani permintaan foto dan aduan warga pagi ini diarahkan ke ruang tengah Balai Kota.


Sejumlah kursi disusun sedemikian rupa agar prosesi pengambilan foto dapat dilakukan secara bersamaan dalam jumlah yang lebih banyak. Gunanya, untuk menghemat waktu lantaran Ahok sesungguhnya sedang terburu-buru.

Dia harus menghadiri Musrnebang Nasional 2017 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, yang dibuka Presiden Joko Widodo. "Dipercepat saja, ya. Saya buru-buru mau ke acara presiden nih," kata Ahok.

Akibatnya tidak semua warga yang sudah menanti sejak pagi mendapat giliran berfoto dan bertemu langsung dengan Ahok. Koje (50), salah seorang warga dari kawasan Ampera, Jakarta Selatan, yang mengaku sudah menunggu sejak pukul 06.00 WIB tampak kecewa.

Namun ia pun maklum dengan keadaan tersebut. "Saya datang ke sini mau kasih langsung karangan bunga untuk, Pak Ahok. Mau bertemu dan mau foto. Tapi enggak sempat. Padat sekali," curhatnya kepada CNNIndonesia.com.

Selain membawa karangan bunga, tidak sedikit yang membawa boneka dan pernak-pernik menyerupai bentuk Nemo, karakter animasi yang kemarin jadi 'senjata andalan' Ahok saat pembacaan pledoi atau nota pembelaannya. 



Berikut daftar Pemenang Anugerah Pangripta Nusantara 2017:

1. Kategori Provinsi dengan Perencanaan Terbaik

- Terbaik I: DI Yogyakarta.
- Terbaik II: DKI Jakarta.
- Terbaik III: Sumatera Selatan.


2. Kategori Kabupaten dengan Perencanaan Terbaik

- Terbaik I: Tabanan, Bali.
- Terbaik II: Ende, NTT.
- Terbaik III: Sigi, Sulawesi Tengah.


3.Kategori Kabupaten dengan Perencanaan Terbaik

- Terbaik I: Batu, Jawa Timur.
- Terbaik II: Pekalongan.
- Terbaik III: Tanjung Pinang.


4. Kategori Provinsi dan Kab/ Kota dengan Perencanaan Inovatif: DKI Jakarta dan Kabupaten Muara Enim.

5. Kategori Provinsi dan Kab/Kota dengan Kualitas Perencanaan: Sulawesi Tengah.


6. Kategori Provinsi dengan skema perencanaan pembiayaan: Jawa Timur.


Penghargaan tersebut diberikan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrembangnas) 2017 untuk Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2018 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu 26 April 2017.


(cnnindonesia.com & edited by admin)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jakarta Provinsi Terbaik, Ahok Terima Dua Penghargaan"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.