Dubes Inggris Beri Semangat Buat Ahok serta Doakan Veronica dan Keluarga






  
Beritaterheboh.com - Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik ikut mengomentari vonis dua tahun bagi Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Walaupun tak secara langsung membahas mengenai vonis atas kasus penodaan agama itu, Moazzam memberikan dukungan terhadap keluarga Ahok.

"Saya kenal @basuki_btp. Mengagumi kerjanya untuk Jakarta. Percaya dia tidak anti-Islam. Doa saya untuk Bu Vero (Veronica Tan, istri Ahok) dan keluarga. Para pemimpin harus menjaga toleransi dan kerukunan," kata Moazzam dalam akun Twitter-nya @MoazzamTMalik, yang diunggah sekitar pukul 18.00 WIB, Selasa 9 Mei 2017.
Cuitan Moazzam digemakan (retweet) sebanyak 883 warganet setelah tiga jam bercokol. Sebanyak 494 warganet juga membubuhkan tanda hati tertanda menyetujui. Dan 27 warganet membalas pesan Moazzam.

 


Ahok dinilai terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melanggar Pasal 156a KUHP mengenai penodaan agama. Putusan itu lebih berat dari tuntutan jaksa penuntut umum yang menginginkan Ahok dipidana satu tahun penjara dengan masa percobaan dua tahun. Jaksa menilai, Ahok hanya melanggar Pasal 156 KUHP sedangkan dakwaan melanggar Pasal 156a KUHP tidak terbukti.

Pasal 156 KUHP menyebut, "Barang siapa di muka umum menyatakan perasaan permusuhan, kebencian atau penghinaan terhadap suatu atau beberapa golongan rakyat Indonesia, diancam pidana penjara paling lama empat tahun atau pidana denda paling banyak Rp4.500."

Sementara itu, Pasal 156a KUHP berbunyi, "Dipidana dengan pidana penjara selama-selamanya lima tahun barang siapa dengan sengaja di muka umum mengeluarkan perasaan atau melakukan perbuatan yang bersifat permusuhan, penyalahgunaan atau penondaan terhadap suatu agama yang dianut di Indonesia."

Ketua Majelis Hakim Dwiarso Budi Santiarto menjelaskan, yang memberatkan Ahok ialah karena dia tidak merasa bersalah, perbuatannya dinilai menimbulkan keresahan, dan dapat memecah kerukunan masyarakat. Sedangkan yang meringankan ialah terdakwa tidak pernah dihukum, sopan, dan kooperatif dalam persidangan.

Ahok menyatakan akan mengajukan banding atas putusan hakim. Sementara itu, jaksa penuntut umum belum memutuskan langkah apa pun.(metrotvnews.com)



baca juga: - Bikin Haru! Surat Netizen ini Mewakili Tangisan Indonesia yang tak Terucapkan

- Ahok Divonis Dua Tahun Penjara, Syafii Ma'arif Kecewa

Ahok Divonis 2 Tahun, Media-media Asing Sebut Vonis Ahok sebagai Kemunduran Toleransi di Indonesia  

-Sekuriti Rumah Lembang Meninggal Dunia Setelah Dengar Vonis Ahok

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Dubes Inggris Beri Semangat Buat Ahok serta Doakan Veronica dan Keluarga"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.