Sebar Berita Pernyataan Menkes Soal Cacing Sarden, Ratna Sarumpaet Malah Diceramahi Netizen

Beritaterheboh.com - Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek disebut mengatakan cacing yang berada pada ikan makarel, mengandung protein.

Ia menilai cacing tersebut tidak membawa efek berbahaya selama makanan itu diolah dengan benar.


"Setahu saya itu (ikan makarel) kan nggak dimakan mentah, kita kan goreng lagi, atau di masak lagi, cacingnya mati lah. Cacing itu sebenarnya isinya protein, berbagai contoh aja tapi saya kira kalau udah di masak kan saya kira juga steril. Insya Allah gak jadi," kata Menkes di ruang rapat Komisi XI DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (29/3/2018).

Menurut Menkes, cacing hanya berkembang biak di tempat yang cocok dengan siklus hidupnya.


"Kalau lingkungannya cocok perut kita dia (cacing) akan berkembang biak, misalnya begitu. Kalau nggak sesuai ya tentu dia (cacing) mati juga," ujar Nila.

Baca: Penjelasan BPOM tentang Efek yang Timbul Jika Kita Terlanjur Konsumsi Sarden dengan Cacing Parasit


Namun, Nila mengatakan masyarakat tetap perlu berhati-hati dalam memilih-milih produk makanan.

"Pertama-tama kalau saya lihat kadaluwarsa itu harus kita lihat, tanggal ekspried harus kita lihat, misalnya pada waktu kita buka kelihatan tidak baik itu jangan dilakukan, agak hati-hati saja ya. Kalau sakit kita ya repot nanti biayanya," kata Nila.

Kepala BPOM RI Penny K.Lukito mengatakan cacing Parasit yang ditemukan positif dalam ikan makarel itu ikut mati saat diolah.

"Jadi temuan cacingnya dalam kondisi mati tapi setelah kita telusuri dan bagaimana nanti ada ahlinya yang jelaskan, efeknya tidak ada zat yang berbahaya," kata Penny saat dikonfirmasi, di Jakarta, Kamis (29/3/2018).

Statemen Menkes ini pun menjadi viral dan menjadi bahan pergunjingan netizen. Salah satunya akun Ratna Sarumpaet yang mengkritik statemen Menteri kesehatan dengan menyertakan link dari Dakwahmedia.co.


Sontak saja cuitan Ratna Sarumpaet pun jadi buliyan netizen.
. .
. .
. .
. .
. .
. .
. .
. .
. .
. .
. .
. .

cirpstory.com 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sebar Berita Pernyataan Menkes Soal Cacing Sarden, Ratna Sarumpaet Malah Diceramahi Netizen"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.