Beberkan Bobrok Bos Frist travel, Ini Dia Sebab Hakim Jatuhkan Vonis Andika 20 Tahun, Anniesa 18 Tahun Penjara


Beritaterheboh.com - Bos First Travel, Andika Surachman, dan istrinya, Anniesa Desvitasari Hasibuan, terbukti melakukan tindak pidana pencucian uang dari duit setoran calon jemaah umrah. Total duit setoran jemaah umrah yang raib digunakan bos First Travel mencapai Rp 905 miliar.

"Akibat perbuatan para terdakwa dan Siti Nuraida Hasibuan alias Kiki telah mendatangkan kerugian bagi sebanyak 63.310 orang calon jemaah First Travel yang telah membayar perjalanan ibadah umrah hingga bulan Juli 2017 nilainya Rp 905.333.000.000, (jemaah) gagal berangkat dan belum dikembalikan uang yang telah disetorkan," kata majelis hakim membacakan amar putusan di Pengadilan Negeri Depok, Jalan Boulevard No. 7, Cilodong, Depok, Rabu (30/5/2018).

Menurut majelis hakim, bos First Travel, dengan maksud menyembunyikan atau menyamarkan asal-usul uang, mengalihkan setoran jemaah ke sejumlah rekening, termasuk rekening pribadi Andika dan Anniesa.

Dalam kurun waktu dua tahun itu, Andika, Anniesa, dan Kiki berpelesir ke Eropa yang seluruh biayanya diambil dari uang setoran calon jemaah umrah First Travel, keliling dunia, belanja barang mewah, rumah mewah, mobil mewah, dan  uang tersebut juga digunakan untuk menyewa booth event "Hello Indonesia" yang digelar di Trafalgar Square, London, pada 2014 dan 2015. Event tersebut merupakan salah satu keperluan bisnis Anniesa. Uang yang dikeluarkan untuk keperluan tersebut sebesar Rp 2 miliar.


"Selain hal tersebut, para terdakwa dan Kiki juga telah membelanjakan sebagian uang dari setoran biaya perjalanan umrah milik calon jemaah umrah yang tidak ada hubungannya dengan pemberangkatan umrah. Namun untuk kepentingan pribadi mereka, seakan-akan milik para terdakwa, antara lain membiayai perjalanan wisata Eropa Rp 8,6 miliar sampai dengan membeli 2 unit rumah di Cimanggis, Depok, dan Jl Kebagusan, Jaksel, seharga Rp 1 miliar," kata hakim.

Andika divonis 20 tahun penjara, sedangkan Anniesa divonis 18 tahun penjara. Keduanya dihukum membayar denda masing-masing Rp 10 miliar subsider 8 bulan kurungan.(detik.com/Kompas.com)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beberkan Bobrok Bos Frist travel, Ini Dia Sebab Hakim Jatuhkan Vonis Andika 20 Tahun, Anniesa 18 Tahun Penjara"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.