SBP & Faizal Assegaf Kompak Bikin Statemen Pedas Yang Bikin Amien Rais Nyungsep, Elite PAN Meradang!


Beritaterheboh.com - Amien Rais, yang vokal saat reformasi bergejolak, disangsikan ketokohannya dalam peristiwa bersejarah itu. Amien disebut pengkhianat dan pecundang. Elite PAN ramai-ramai membela.

Tuduhan pengkhianat disematkan Sri Bintang Pamungkas ke Amien Rais. Menurut Sri Bintang, Amien mengkhianati semangat reformasi dengan mengamendemen UUD 1945.

"Amien Rais itu pengkhianat. Dia pernah mengatakan sudah minta maaf kepada ini-itu dia harus meminta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia tentang kesalahannya melakukan amendemen," kata Sri Bintang dalam diskusi bertajuk 'Peringati Lengsernya Soeharto, Amien Rais, Bapak Reformasi?' di UP2YU Coffe & Resto Ibis Budget Hotel Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (7/5/2018).


Diksi 'pengkhianat' yang disandangkan Sri Bintang kepada Amien Rais ditanggapi Desmond. Desmond, yang saat ini menjabat Ketua DPP Gerindra, malah menyebut Amien Rais 'pecundang'. Amien dituduh Desmond demikian lantaran mengamendemen UUD '45 tak lama setelah reformasi.

"Yang harus paham, Amien Rais tidak bisa kita sebut bapak reformasi ya. Kenapa? Karena, bagi kami mahasiswa, jebolnya konstitusi, UUD '45 dengan amendemen itu kan Ketua MPR-nya Amien Rais. Jadi, kalau Amien Rais membobol dasar negara, Amien Rais itu pecundang, gitu, lo," ucap Desmond.

"Menurut istilah saya, dengan saya pertanggungjawabkan, dengan kondisi rusaknya bangsa ini dengan salah satu jebolnya konstitusi kita dan di situ ada peran Amien Rais dan Megawati waktu itu presiden yang memegang benteng kerusakan bangsa ini semakin liar," ia menambahkan.

Aktivis '98 lainnya, Faizal Assegaf, mengatakan Amien Rais ingin menjadi pahlawan. Contohnya, kata Faizal, Amien selalu menyalahkan Presiden Jokowi jika ada masalah, layaknya zaman Soeharto dulu.

"Amien Rais kemudian tampil ingin menjadi pahlawan. Amien Rais seolah-olah menempatkan Jokowi seperti Pak Soeharto. Semua seolah-olah disalahkan ke Pak Jokowi. Saya tak pernah menemukan Pak Amien Rais menyalahkan gubernur, bupati, DPR, DPD, tapi semua disalahkan ke Pak Jokowi," kata Faizal.

Lebih jauh, Faizal lalu mengungkit beberapa sikap Amien di zaman dulu. Dia membandingkannya dengan era saat ini.

"Saat dia mengatakan ada 'partai setan' dan 'partai Tuhan' itu terulang di tahun '99 itu, Pak Amien sudah jadi setan sebenarnya. Pada tahun 1999, Pak Amien itu menghasut umat Islam bahwa umat Islam mengharamkan presidennya perempuan kan? Dan dimenangkan Gus Dur kan," kata Faizal.

Faizal lalu menyebut kepentingan Amien di era kepemimpinan Gus Dur tidak terpenuhi. Amien lalu diceritakan Faizal melengserkan Gus Dur dan dia memilih Megawati menjadi presiden. Alasan itulah yang membuat Faizal berpendapat bahwa Amien Rais tidak konsisten dan tidak cocok dikatakan sebagai bapak reformasi.



Elite PAN ramai-ramai membela Amien. Dari Waketum hingga Wasekjen 'pasang badan' untuk Ketua Dewan Kehormatan mereka itu.

Ketua DPP PAN Mulfachri Harahap tegas menyatakan Amien Rais bukan pecundang. Bagi dia, pernyataan Desmond tak berdasar.

"Bukan pecundang, di mana mereka bilang pecundang? Mereka nggak paham," tegas Mulfachri.


Pembelaan juga datang dari Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay. Soal serangan amendemen, Saleh menegaskan itu bukan produk hasil keputusan Amien seorang diri.

"Amendemen UUD 1945 bukanlah karya Amien Rais. Amendemen bisa dilakukan oleh MPR secara institusional di kala itu karena melibatkan seluruh anggota MPR dari berbagai fraksi yang ada. Termasuk Fraksi ABRI, yang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kekuatan politik di MPR saat itu," kata Saleh.


Waketum PAN Taufik Kurniawan turut membela Amien dari serangan Desmond. Taufik menyatakan siap buka-bukaan soal reformasi.

"Buat saya pribadi, Amien Rais itu imam politik saya. Saya gabung PAN karena Amien Rais dan saya aktivis Muhammadiyah juga di Semarang. Biarlah anjing menggonggong kafilah berlalu, orang-orang yang bicara saat ini reformasi, di mana mereka posisinya?" kata Taufik. 
(gbr/fjp)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SBP & Faizal Assegaf Kompak Bikin Statemen Pedas Yang Bikin Amien Rais Nyungsep, Elite PAN Meradang!"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.