Tanam Pohon Palsu di Trotoar, Anies-Sandi Dapat Komentar Menohok Aktivis Lingkungan


Beritaterheboh.com - 

Pak Anies, Kok Trotoar Sudirman Ditanam Pohon Palsu?

Baru saja saya dapat share dari teman aktivis lingkungan, Alfred Sitorus, foto foto yang menunjukkan di trotoar jalan Sudirman ditanami pohon palsu.

Waduh, kok bisa ya? Kepalsuan tidak bisa menggantikan yang asli, pohon hidup yang fungsinya sangat penting di perkotaan.  Pohon itu menyegarkan, mengeluarkan oksigen, menyerap partikulat dan gas racun. Mencegah terjadinya efek rumah kaca. Bahkan pohon tertentu seperti bambu yang eksotis, bisa bermanfaat untuk meredam kebisingan.

Pepohonan di perkotaan seperti oase yang menyejukkan ditengah penatnya kemacetan dan padatnya beton beton menjulang. Hijaunya menyegarkan mata. Naungannya melindungi dari terik matahari yang menyengat.

Dan pohon palsu itupun ditanam. Ada yang merah, kuning dan putih. Padahal kalau mau mempercantik tanpa kehilangan banyak space, pohon pohon kecil yang berbunga atau berdaun indah juga bisa ditaruh disitu. Yang penting pohon hidup.

Mungkin bisa mencontoh Surabaya, dimana pas musim bunganya tiba, pohon pohon ditepian trotoarnya berbunga indah seperti sakura. Ada yang pink, ada yang putih. Dan pohonnya pun tak terlalu besar.

Kalau pemprov ingin instan mengejar Asian Games biar keliatan gak kosong kosong amat tuh trotoar makanya ditanamin pohon palsu, malah bisa diketawain kali pohon palsu itu sama tamu tamu Asian Games. Karena hanya Jakarta loh di dunia yang nanam pohon palsu. Saya sudah ke berbagai kota di belasan negara, tidak ada satupun kota yang nanam pohon palsu. Apalagi ini di Jakarta, jalan protokol pula. Hadeeuhh, tollong.  Makin 'kering' tuh Jakarta.

Jadi pengen tahu, sebenarnya konsep mendadanin trotoarnya gimana? Apa sudah melalui tahap kajian, dan melibatkan banyak pihak? Terutama arsitek taman, tata ruang, sehingga jadinya indah dan 'hidup'?

Menata suatu bagian kota tidaklah bisa seenaknya dan hanya untuk kepentingan instan, sesaat atau untuk golongan tertentu. Ada kajian yang menyeluruh, termasuk aspek lingkungan yang sangat mendukung apakah kota itu asri, hidup, menyegarkan, indah.(Kompasioner, Ilyani Sudardjat)

Baca juga:

Bikin Kaget! Pemenang Tender 8,1 M Pohon Hias Untuk Trotoar DKI Ternyata Perusahaan Alat Kedokteran. Ini Pemiliknya!



Diprotes pejalan kaki

Nampak juga protes dari  akun instagram Koalisi Pejalan kaki yang merupakan Gerakan untuk menuntut hak pejalan kaki mengunggah berapa buah foto yang menunjukan kebijakan pemerintah DKI Jakarta saat ini dibawah pemerintahan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno tidak memperhatikan keselamatan dan kenyamanan pejalan kaki, malah sekarang hak pejalan kaki dikebiri dengan menanam pohon palsu di trotoar.

Di unggahan tersebut @koalisipejalankaki menulis “pohon imitasi di trotoar. Sudah trotoarnya tidak terlalu lebar, sampai pejalan kaki harus memiringkan bahu agar tidak terkena pohon imitasi. Bagaimana kalau disabilitas kursi roda melintas dilokasi ini? #pohonimitasi #trotoar #Jakarta”

Unggahan @koalisipejalankaki tersebut kemudian dikomentari oleh netizen:

neo_sunardie: Pohon palsu ditanam,pohon asli ditebang

nita_juneHiasan: yg mngganggu, akhirnya jd sampah.

kuntjoro_aliItulah: kalau jakarta dipimpin sebuah plastik teh kotak dikasih nyawa

huans.ikiakuHerannn: kenapa sih suka banget sama yg plastik2 gini. Bagus juga kagak. Nyeni dari mana nya coba. Malah terkesan norak.



bungamanggiasih: Penistaan bagi desainer eksterior dan pejalan kaki! Yang sakit bukan cuma mata, tapi juga hati

decky_sh: Anggaran nya berapa tuh?

sugeng_p.putro: Kebijakan maksak…yg punya ide gak pernah jalan kaki di trotoar…bagus belum tentu bermanfaat


fhrstuvwxyz: Entah ini malas menanam pohon atau gimana gak ngerti lagi dah, dimana INDAH ataupun ASRI nya, kocak wkwkwk


aminyusufw: Pada nanya faedahnya apa? Ya biar instagramable lah hahahaha

mikey_sfBiar ape ye? Pohon palsu ditaro situ? Estetikanya gak ada, gabisa ngehasilin o2…




amadl_ish: Berapa dana yang habis cuma buat majang hal yang ga ada gunanya?



.
. .
. .

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tanam Pohon Palsu di Trotoar, Anies-Sandi Dapat Komentar Menohok Aktivis Lingkungan"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.