Ini Dia Terduga Pemain Isu TGB Ipar Luhut di Wikipedia Versi PPP


Foto: Achmad Baidowi (dok. pribadi)


Beritaterheboh.com -  Seseorang mengedit laman Wikipedia hingga sempat menampilkan informasi kalau TGH Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) memiliki hubungan ipar dengan Luhut Binsar Pandjaitan. Ini terduga pengeditnya versi PPP.

"Jadi dengan positioning yang terbuka dan bebas untuk semua orang yang mengakses, maka dugaan ataupun kecurigaan itu bisa ke siapa saja," buka Wasekjen PPP Achmad Baidowi kepada wartawan, Sabtu (14/7/2018).

Baidowi atau Awiek mengatakan, pelaku itu memanfaatkan kelonggaran Wikipedia yang mempersilakan siapapun mengakses. Lalu, siapa menurut Awiek yang mengedit laman itu?


"Ini bisa saja dari imbas kelonggaran Wikipedia sendiri yang sistem administrasinya atau sistem pengendalian informasinya itu bebas. Itu dimanfaatkan oleh orang-orang iseng sebenarnya yang mencoba memberi informasi sesat, padahal itu tidak benar," ucap Awiek. 

"Orang-orang yang memiliki niat sesat, mengaburkan informasi, menyebarkan hoax kan memang dari awal orang-orang itu tak jauh dari yang punya niatan itu," imbuh dia.


Golkar ke Pengedit TGB Ipar Luhut di Wikipedia: Hati-hati


Partai Golkar menyesalkan isu hubungan ipar antara TGH Zainul Majdi dengan Luhut Binsar Pandjaitan yang dikutip politikus Gerindra Andre Rosiade dari Wikipedia. Golkar meminta Andre tak lagi mengutip data yang belum tentu benar.

"Ya tentu kita sangat menyesalkan ya seseorang mengutip informasi tetapi bukan berasal dari data yang akurat, bahkan cenderung data tersebut diduga hasil editan. Saya kira itu bisa masuk kategori hoax itu," kata Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Sabtu (14/7/2018). 


"Jadi menurut saya seorang kalau mau menyerang itu harus berdasarkan data yang betul-betul akurat, bukan berdasarkan data yang tidak jelas sumbernya apalagi itu sumbernya Wikipedia yang editan kan. Jangan kita biasakan menggunakan cara-cara begitu," ucap Ace.

Ace menegaskan TGB mendukung Jokowi bukan karena hubungan kekeluargaan dengan Luhut seperti yang sempat tertera di Wikipedia. Bagi Ace, TGB seseorang yang rasional.

"Saya meyakini bahwa dukungan TGB terhadap Pak Jokowi merupakan pilihan akal sehat dan rasional, jangan dipahami secara berlebihan," ucapnya.

Siapa menurut Ace yang sengaja mengedit informasi soal TGB dan Luhut? Ace tak mau berprasangka.

"Saya tidak mau menduga lebih lanjut tapi tiap orang seharusnya lebih hati-hati menggunakan data-data tersebut," tegas dia.

Melalui akun Twitter, pihak Wikipedia berbahasa Indonesia telah mengklarifikasi informasi di laman Wikipedia yang menyebut Luhut adalah ipar dari TGB. Informasi itu sebelumnya dikutip oleh Politikus Partai Gerindra Andre Rosiade sebagai dasar dugaan dukungan TGB ke Jokowi berlandaskan alasan kekeluargaan.

Kini suntingan tersebut sudah dikembalikan seperti sediakala. Tak ada keterangan bahwa TGB dan Luhut merupakan saudara ipar. Alasannya adalah karena tak ada rujukan resmi dari informasi yang menyatakan TGB dan Luhut memiliki hubungan kekerabatan.

"Benar bahwa kedua artikel tersebut (Muhammad Zainul Majdi dan Luhut Binsar Panjaitan) pernah disunting oleh salah satu pengguna Wikipedia yang menyatakan mereka memiliki hubungan kekerabatan," tulis pihak Wikipedia melalui akun @idwiki, Jumat (13/7/2018).(detik.com)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Dia Terduga Pemain Isu TGB Ipar Luhut di Wikipedia Versi PPP"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.