Kronologi & Detik-detik Karamnya KM Lestari Maju di Perairan Selayar, Uang PNS Rp30 Miliar Ikut Tenggelam


Detik-Detik KM Lestari Maju Karam (foto: Ist)


Beritaterheboh.com - Kandasnya KM Lestari Maju diduga menenggelamkan mobil yang membawa uang sebanyak Rp30 miliar. Beredar kabar uang tersebut milik Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan untuk gaji ke-13 ASN Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar.


Selain itu empat orang dilaporkan meninggal karena kecelakaan KM Lestari Maju di perairan Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa (3/7) siang. Data tersebut merupakan data sementara yang dihimpun Polda Sulawesi Selatan atas peristiwa yang terjadi sekitar pukul 14.30 WITA tersebut.



"Baru informasi awal ada empat orang meninggal dunia termasuk salah satu bayi," kata Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan Kombes Dicky Sondani dalam keterangannya.

Dicky mengatakan kapal tenggelam karena mengalami kerusakan di bagian lambung kapal.
Kronologi kejadian bermula sekira pukul 10.00 Wita, saat KMP Lestari Maju berangkat dari Pelabuhan Bira Kabupaten Bukukumba dengan tujuan Pelabuhan Pamatata Kabupaten Kepulauan Selayar.



"Kapal sedang berlayar dari Bira Bulukumba ke Pelabuhan Pamatata," ungkap Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani.

Saat berlayar, sekira pukul 13.40 Wita, kapal mengalami masalah, di mana air masuk ke dek lantai bawah. Karena tengah beradai di lautan, KMP Lestari Maju merapat ke pantai Pabbadilan Desa Bungayya, Kecamatan Bontomatene, Kabupaten Kepulauan Selayar.

Informasi yang dihimpun, penumpang dievakuasi sementara ke Pantai Pa'baddilan, Desa Bungayya, Kecamatan Bontomate'ne Kabupaten Kepulauan selayar.

Kapal mengangkut lebih dari 130 penumpang dan dikabarkan, kapal jenis Ferry ini memuat sejumlah kendaraan seperti mobil, motor dan truk. Kendaraan tampak berhamburan dan di laut dan sejumlah penumpang dengan mengenakan pelampung.

Atas peristiwa ini dilaporkan, korban jiwa sementara 4 orang di mana salah satunya seorang bayi.

"Korban 6 orang termasuk bayi. Saat ini fokus evakuasi," tegas Dicky.

Kata Dicky saat ini kapal sedang berusaha dikandaskan menuju pulau yang dekat dengan lokasi kecelakaan.

"Dikandaskan di salah satu pulau jadi enggak tenggelam di laut tapi dikandaskan saja. Enggak akan seperti KM Sinar Bangun tenggelam sampai dasar. Ini hanya dikandaskan saja," katanya.

Dicky mengatakan saat ini petugas masih fokus mengevakuasi para korban.

Kapal Motor Lestari Maju karam saat tengah berlayar dari Pelabuhan Bira, Kabupaten Bulukumba menuju Pelabuhan Pamatata, Kabupaten Selayar.

Kapolres Selayar AKBP Syamsul Ridwan membenarkan kejadian tersebut. Syamsul mengatakan, dari informasi salah satu penumpang kapal tersebut tenggelam saat berlayar dari Pelabuhan Bira.

Lihat juga: KM Lestari Maju Tenggelam di Perairan Selayar
Sementara itu Kepala Pusat Informasi Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyebut, saat ini pihaknya tim SAR sudah menuju lokasi kejadian.

"Kami masih berkoordinasi dengan teman-teman di lapangan. Saat ini masih tim masih berusaha menuju lokasi kejadian," ujar Sutopo. (osc/ugo)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kronologi & Detik-detik Karamnya KM Lestari Maju di Perairan Selayar, Uang PNS Rp30 Miliar Ikut Tenggelam"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.