Makin Jelas! Hilangnya Nining 1,5 Tahun, Mulai Soal Hutang sampai Kabur dari Panti Sosial Jadi Sorotan Polisi


Beritaterheboh.com - Warga di Kampung Cibunar, RT 05 RW 02, Desa Gede Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mengenal sosok Nining Sunarsih (52) sebagai pribadi yang baik. Bahkan karena kebaikannya itu, sekitar delapan bulan sebelum Nining dikabarkan hilang warga percaya untuk menabung padanya.

"Orangnya baik, suka tolong orang. Dia juga suka adakan tabungan," ujar Ai salah seorang tetangga Nining pada detikcom, Rabu (4/7/2018).

Nining bikin geger. Perempuan tersebut dilaporkan hilang akibat tenggelam di laut Palabuhanratu Sukabumi pada Januari 2017. Setelah 1,5 tahun kemudian, Nining pulang diantar keluarganya. Pihak keluarga mengaku menemukan Nining dalam keadaan selamat di Palabuhanratu, Minggu 1 Juli 2018. Keluarga menyebut busana yang dipakai Nining masih sama saat dikabarkan tenggelam.


Ai berharap tetangganya itu bisa cepat pulih. "Saya berharap Bu Nining bisa kembali sehat seperti dulu, kumpul lagi dan buka tabungan lagi," ujarnya.

Sementara itu Ketua RW 2 Amid Sasmita membenarkan kalau Nining membuka tabungan di lingkungannya. Namun ia menampik isu yang berkembang bahwa warganya itu sengaja menghilang karena membawa kabur uang tabungan.

"Banyak yang bilang Nining hilang karena utang, tapi itu (tabungan) ke warga sudah dibayarkan. Jadi pas Nining hilang yang bayar keluarganya, sudah enggak ada sangkut paut lagi. Tabungan juga enggak besar hanya Rp 800 ribu," kata Amid.


Terpisah Kapolresta Sukabumi AKBP Susatyo Purnomo masih mendalami kasus ini. Termasuk menelusuri sejumlah dugaan Nining kembali setelah 1,5 tahun menghilang.

"Soal hutang, soal masalah lain selama logis tentu akan diproses. Kita cocokkan satu informasi dengan faktanya seperti apa. Setelah tersusun lengkap baru kita bisa simpulkan," ujar Susatyo. 


Dikisahkan Hilang di Laut 1,5 Tahun, Nining Diduga Kabur dari Panti Sosial


Kisah misterius Nining Sunarsih, 53, yang ditemukan hidup setelah sempat dikabarkan hilang tenggelam di Pantai Pelabuhan Ratu, Sukabumi, sejak 1,5 tahun terus menuai berbagai kontroversi. Kini, muncul kabar yang membuat kisah Nining hilang di laut 1,5 tahun lamanya diragukan.

Dilansir Suara.com, kini muncul foto perempuan yang mirip Nining pernah terjaring razia orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan dirawat di panti sosial Yayasan Aura Welas Asih, Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi. Ketua Yayasan Aura Welas Asih, Denny Solang, mengatakan perempuan yang mirip Nining tersebut ditemukan di pinggir jalan sekitar Pantai Palabuhan Ratu, Sukabumi, pada November 2017 lalu.

"Masih ada fotonya. Saya lihat sendiri, dan perlihatkan ke pengurus panti, mereka juga bilang mirip. Saya evakuasi dari jalan November 2017," katanya, saat dihubungi Suara.com, Selasa (3/7/2018).

Saat ditemukan, perempuan yang tidak diketahui identitasnya itu membawa barang-barang dalam sebuah kain. Ketika sempat ditanya identitasnya oleh pengurus panti, perempuan tersebut hanya terdiam.

"Waktu itu dia enggak bisa komunikasi, diam, enggak banyak ngomong, tapi kalau disuruh gitu bisa. Dia salah satu yang bantu cuci jadi tukang cuci di panti, tapi enggak banyak omong," beber Denny.

Polisi Pun Tak Yakin

Polres Sukabumi Kota, Jawa Barat, menyelidiki kasus Nining Sunarsih yang diduga korban tenggelam di Pantai Citepus, Palabuhanratu, sejak Januari 2017 yang ditemukan keluarganya dalam kondisi hidup. Kasus hilangnya Nining 1,5 tahun lalu itupun kian misterius karena polisi belum bisa memastikan apakah dia memang tenggelam  atau tidak. 

"Kami masih memintai keterangan dari sejumlah saksi khususnya keluarga yang saat itu ikut bersama Nining bertamasya ke Pantai Citepus mulai terjadinya kecelakaan laut (hilang tenggelam) hingga ditemukan selamat pada Minggu (1/7/2018)," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo Condro di Sukabumi, Senin (2/6/2018).

Menurut dia, kasus ini masih misterius karena informasi yang menyebutkan Nining Sunarsih menghilang selama 1,5 tahun akibat tenggelam di Pantai Citepus belum bisa terungkap kebenarannya. Sebab, Nining hingga saat ini masih belum bisa dimintai keterangan karena kondisi kesehatannya masih lemah dan terlihat trauma.

Namun pada Januari 2018, wanita berambut ikal itu diketahui kabur dari panti dengan barang bawaannya. Pihak panti pun hingga sekarang belum dapat menemukan kembali wanita tersebut. "Waktu itu kabur karena pagar enggak ditutup aja, pengawasan kurang. Dia bawa gembolan. Nggak pernah lepas dari dia," jelas Denny.

Perempuan mirip Nining Sunarsih. (Suara.com/Istimewa)

Denny menyakini sosok Nining yang sempat heboh karena ditemukan hidup setelah dikabarkan hilang tenggelam di Pantai Pelabuhan Ratu sejak 1,5 tahun lalu itu adalah wanita yang pernah di pantinya. "Sama, tadi saya lihat di rumah sakit ya itu agak kurus aja, karena ke pangasuh yang saya tanyain melalui foto yang ada di rumah sakit ya memang itu. Kalau dulu kita nggak tahu namanya jadi diberi nama mister x," pungkas Denny.

Sementara itu anak Nining, Wanda, 23, membantah bahwa foto wanita tersebut adalah foto ibunya. Ia pun mengaku bahwa sebelum dikabarkan hilang tenggelam, Nining dalam kondisi psikis yang sehat. "Itu bukan ibu saya, beda kok," singkat Wanda.(suara.com)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makin Jelas! Hilangnya Nining 1,5 Tahun, Mulai Soal Hutang sampai Kabur dari Panti Sosial Jadi Sorotan Polisi"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.