Bikin Penyandang Cacat Celaka, Begini Kritik Pedas Ketua Koalisi Pejalan Kaki Soal Trotoar Jakarta



Beritaterheboh.com -  Sejumlah trotoar di jalan protokol Jakarta belum ramah bagi penyandang disabilitas. Pantauan Kompas.com di trotoar Jalan Haji Agus Salim, Menteng, Jakarta Pusat Rabu (1/8/2018) siang, banyak guiding blocks atau pemandu bagi penyandang tunanetra yang mulai terkelupas. 

Ketua Koalisi Pejalan Kaki Alfred Sitorus mengatakan, hanya 1 persen dari total trotoar yang dibangun di Jakarta, yang ramah bagi penyandang disabilitas.

"Kalau hitungan kita sih baru 1 persen dari total sekitar 400 kilometer trotoar di Jakarta yang ramah disabilitas," kata Alfred, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (1/8/2018). 

Ada pula guiding blocks yang terhalang oleh tiang listrik. Pemandangan memprihatinkan tampak pada guiding blocks depan Gedung Sarinah yang terputus di tengah trotoar. 

Kondisi tersebut dibenarkan oleh Alfred. Ia mengatakan, sejumlah guiding blocks berada dalam kondisi memprihatinkan karena diletakkan dalam posisi yang salah, sehingga membahayakan penyandang disabilitas.

"Memang banyak yang terputus, itu dulu sudah nyambung dan sekarang sudah hilang. Ada yang terkelupas, ditaruh sembarangan dengan posisi enggak benar, bahkan ada yang langsung diarahkan ke got," kata Alfred. 

Kondisi tersebut tampak jauh berbeda dengan trotoar di Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin yang tampak mulus, nyaman, dan ramah bagi penyandang disabilitas.


Guidng Block atau jalur khusus penyandang disabilitas pada trotoar sejatinya difungsikan untuk keamanan penyandang cacat yang melewati trotoar tersebut.

Dengan Guiding Blocs diharapkan para penyandang cacat bisa terbebas dari rintangan yang membahayakan. (Kompas.com/beritaterheboh.com)




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bikin Penyandang Cacat Celaka, Begini Kritik Pedas Ketua Koalisi Pejalan Kaki Soal Trotoar Jakarta"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.