Adik Prabowo Sebut Goblok Usulan Debat Bahasa Inggris Yang Diusulkan Sekjen PAN


Beritaterheboh.com - Tidak ditampik, bahasa Inggris sebagai bahasa pergaulan internasional harus dikuasai oleh anak-anak Indonesia, bahkan semakin banyak bahasa asing dikuasai akan semakin baik. Tetapi untuk debat Calon Presiden dan Wakil Presiden, tetap harus menggunakan bahasa Indonesia.


"Debat, saya enggak setuju itu. Ngapain Bahasa Inggris. Siapa yang ngusulkan itu, goblok itu. Siapa itu," kata Hashim Djojohadikusumo di Kota Malang, Kamis (20/9).

Sebelumnya sempat muncul usulan penggunaan debat Capres dan Cawapres menggunakan Bahasa Inggris. Usulan itupun mengundang pro dan kontra di masyarakat, dengan pendapat masing-masing.

"Idealnya bahasa Indonesia yang baku, yang bagus, jangan bahasa Indonesia yang prokem-prokem. Jangan dikasih bahasa Twitter, Bahasa Indonesia yang dipakai di Twitter itu saya kira kacau balau. Enggak ngerti saya," sambung Hashim sambil tertawa.

Namun adik kandung Prabowo Subianto ini menegaskan pentingnya menguasai Bahasa Inggris. Karena memang Bahasa Inggris menjadi komunikasi masyarakat internasional dan antar negara.

"Menurut saya, semakin banyak bahasa asing kita kuasai akan lebih bagus, bahasa Inggris itu sudah prasyarat," tegasnya.

Kata Hashim, Amerika dan Inggris menjadi pemenang perang dunia II sehingga bahasa Inggris menjadi dominan digunakan. Seandainya Jepang dan Jerman menang perang dunia II, kemungkinan semua negara berbicara bahasa Jerman dan bahasa Jepang.

"Karena negara-negara yang berbahasa Inggris menang perang, mereka yang dominan. Sekarang yang muncul China, kalau bisa adik-adik belajar Bahasa Mandarin, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Jepang saya kira wajib itu," jelasnya


Diberitakan sebelumnya, sekjen koalisi partai politik pengusung capres-cawapres Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno ingin model debat ala cerdas cermat dihapus karena tidak efektif bagi para calon memaparkan isu isu nya. Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto juga setuju jika debat kandidat paslon Pilpres menggunakan Bahasa Inggris.

"Boleh juga kali ya (debat kandidat memakai Bahasa Inggris). Makanya hal-hal detail seperti ini perlu didiskusikan," kata Ketua DPP PAN Yandri Susanto di Jl Daksa I nomor 10, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (13/9).

Menurutnya tak masalah jika debat kandidat memakai Bahasa Inggris. Hal ini penting, sebab seorang pemimpin negara akan bergaul dan berbicara di dunia internasional. Pekan depan pihaknya bakal merampungkan soal teknis debat ini.

"Karena presiden bergaul di dunia internasional, supaya tidak ada mis komunikasi dan salah tafsir dari lawan bicara, ya memang penting juga calon presiden matang dalam menguasai bahasa luar, dari bahasa Indonesia itu," ucap Yandri.(Merdeka.com)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Adik Prabowo Sebut Goblok Usulan Debat Bahasa Inggris Yang Diusulkan Sekjen PAN"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.