Dituduh Foya-foya, BPJS Kesehatan Laporkan 2 Akun Instagram Ini ke Bareskrim


Beritaterheboh.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan melaporkan sebuah akun Instagram ke Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri. Akun tersebut dinilai mencemarkan nama baik BPJS Kesehatan.

Di Instagram, akun @ifkarbirri tersebut memposting acara dinner di sebuah hotel mewah di Jakarta. Dalam keterangan yang menyertainya, disebutkan BPJS Kesehatan tengah berfoya-foya.

"Apakah etis sebuah lembaga seperti @bpjskesehatan_ri yg menunggak pembayaran ke rsud-rsud mengadakan acara seperti ini? Dinner bpjs, fantastis, luar biasa..," demikian bunyi penggalan posting tersebut.

"Apakah iya harus ada #gantibpjs2019 agar kau bisa sadar?" lanjut posting tersebut.

Bukan hanya satu, ada dua akun instagram yang dilaporkan oleh BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan ke Bareskrim Mabes Polri. Keduanya dinilai menyebarkan hoaks yang mengandung ujaran kebencian atau hate speech.

"Anisa ini (akun @anisadestya) follower-nya Ifkar (akun @ifkarbirri). Nah Anisa ini yang meng-capture lalu menyebarkan," Iqbal, Humas BPJS Kesehatan, Selasa (18/8/2019).


Akun @anisadestya dalam bio-nya mengidentifikasi diri sebagai dr Anisa Destya R. Akun ini memiliki 1.681 followers dan telah memposting 579 konten di linimassanya.

Sementara Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris menyebut informasi yang disampaikan dalam posting tersebut adalah hoax yang mencemarkan nama baik. Menurutnya, BPJS Kesehatan tidak pernah mengadakan dinner mewah yang dimaksud.


"BPJS Kesehatan sebenarnya tidak antikritik. Kita sangat membutuhkan kritik membangun untuk kemajuan institusi," kata Fachmi, ditemui di Bareskrim Mabes Polri, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (18/9/2018).

"Tapi kalau beritanya hoax, tidak benar, kita juga ingin mendidik masyarakat," lanjut Fachmi.

Kuasa hukum BPJS Kesehatan, La Ode Haris, SH, menyebut posting tersebut melanggar pasal 310 KUHP dan pasal 45 UU ITE. "Dinner tersebut tidak pernah dilakukan oleh BPJS Kesehatan sehingga mencemarkan nama baik klien kami," jelas La Ode.(Detik.com)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dituduh Foya-foya, BPJS Kesehatan Laporkan 2 Akun Instagram Ini ke Bareskrim"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.