Saham Perusahaannya Melesat Tajam Dibandingkan Saham Sandiaga Yang Melorot, Ini Respon Erick Thohir


Beritaterheboh.com - Erick Thohir telah ditunjuk sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) bagi pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin, dalam Pemilu Presiden 2019.

Penunjukan tersebut memberikan sentimen positif bagi PT Mahaka Media Tbk (ABBA), perusahaan milik Erick Thohir. Saham ABBA kembali melesat tajam hari ini. 

Mengutip data perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (14/9), hingga pukul 10.16 waktu JATS, saham ABBA melesat 34 poin (28,10 persen) ke posisi Rp 155.

Saham ABBA dibuka di level Rp 163, posisi tertinggi di Rp 163 dan terendah di Rp 122.

Frekuensi saham ditransaksikan sebanyak 7.678 kali dengan total volume perdagangan sebanyak 1.841.370 saham senilai Rp 26,91 miliar.

Namun, tidak demikian dengan PT Saratoga Investama Tbk (SRTG) milik Sandiaga Uno, yang terpilih menjadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto. Meskipun Sandiaga Uno tak lagi masuk jajaran dewan direksi maupun komisaris Saratoga, namun Sandiaga Uno masih mengempit lebih dari 5 persen kepemilikan saham di perusahaan tersebut.

Saham SRTG justru melorot. Hingga pukul 10.59 waktu JATS, saham SRTG melorot 150 poin (3,66 persen) ke level Rp 3.950. Saham SRTG dibuka di Rp 4.000, mencapai posisi tertinggi di Rp 4.000 dan terendah di Rp 3.950. Saham SRTG ditransaksikan sebanyak 2 kali dengan nilai Rp 795 juta. 

Jika mengacu pada laporan keuangan perusahaan Erick Tohir, PT Mahaka Media Tbk (ABBA), dalam tiga tahun terakhir, Mahaka mencatatkan rugi bersih, meski nilai kerugiannya terus menurun. Tahun lalu kerugiannya sebesar Rp 37 miliar, turun dari dua tahun sebelumnya yang sebesar Rp 42 miliar (2016) dan Rp 45 miliar (2015).

Sementara itu, kinerja keuangan SRTG juga kurang membaik. Di semester I 2018 tercatat rugi Rp 1,032 triliun. Tahun 2017 masih mencatat laba Rp 3,231 triliun dan tahun 2016 mencatat laba Rp 5,669 triliun.

Saham Perusahaannya Melesat Tajam, Ini Kata Erick Thohir


Saham PT Mahaka Media Tbk (ABBA) menjadi sorotan. Saham perusahaan besutan Erick Thohir ini tiba-tiba bergerak liar setelah sebelumnya tidur di level Rp 50 alias gocap.

Muncul persepsi pasar bergeraknya saham ABBA dipengaruhi terpilihnya Erick sebagai Ketua Tim Pemenangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin untuk pilpres 2019. Bayangkan saja saham ABBA hari ini sudah di level Rp 145, angka itu naik 190% hanya dalam waktu 4 hari dari posisi Rp 50.


Sejumlah pihak percaya kinerja perusahaan akan lebih baik ketika Erick Thohir menjadi Ketua Tim Pemenangan Jokowi-Ma'ruf, sebab pemasukan perusahaan media itu dari iklan akan meningkat.

Menanggapi hal itu, Erick menilai para pelaku pasar hanya berasumsi belaka. Dia menegaskan tidak ada intervensi apapun saat dirinya menjadi ketua tim pemenangan terhadap perusahaannya itu.


"Seperti kemarin Asian Games, iklannya tidak masuk ke grup saya, ke media lain. Semua dapat, tapi kita enggak dapat loh, coba saja cek. Itu menunjukkan saya bertindak profesional, seperti ketika Pak Jokowi nyatakan saya posisinya profesional," tuturnya di Hotel Ayana Mid Plaza, Jakarta, Jumat (4/9/2018).

Erick juga menegaskan dirinya sudah menyatakan sudah tak lagi mengurusi PT Mahaka Media Tbk sejak 2 tahun yang lalu. Keputusan itu menjadi syarat ketika dia ditunjuk JK untuk mengurusi Asian Games.


"Nah yang kebetulan partner saya minta saya tetap membantu tapi tidak day to day itu ada yang namanya Inter Milan dan ANTV. Kalau Mahaka-nya mundur semua," tegas Erick (das/hns)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Saham Perusahaannya Melesat Tajam Dibandingkan Saham Sandiaga Yang Melorot, Ini Respon Erick Thohir"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.