Pidato Game of Thrones Jokowi Diapresiasi Dunia Internasional, Fadli Zon Nyinyir Aja. Begini Katanya!


Beritaterheboh.com - Presiden Joko Widodo berbicara tentang kondisi ekonomi dunia dengan mengimajinasikannya seperti serial film Game of Thrones. Wakil Ketua DPR Fadli Zon punya pertanyaan terkait hal ini.


"Itu Pak Jokowi sudah nonton belum Game of Thrones," kata Fadli di Grand Sahid, Jakarta Pusat, Jumat (12/10/2018).


Fadli tak memerinci maksud pertanyaannya itu. Bagi Fadli, Jokowi sebaiknya menonton Game of Throne itu terlebih dahulu.


"Mungkin perlu nonton dulu kali," katanya.



Sebelumnya diberitakan, Jokowi mengingatkan pemimpin dunia bersiap menghadapi ketidakpastian global. Pria kelahiran Surakarta ini pun mengutip istilah 'winter is coming' dari film 'Game of Thrones'.


"Perang dagang semakin marak dan inovasi teknologi mengakibatkan banyak industri terguncang. Negara-negara yang tengah tumbuh juga sedang mengalami tekanan pasar yang besar. Dengan banyaknya masalah perekonomian dunia, sudah cukup bagi kita untuk mengatakan bahwa winter is coming," ujar Jokowi dalam plenary session IMF-WB 2018 di Nusa Dua Hall, Bali, Kamis (11/10).


"Namun akhir-akhir ini, hubungan di antara negara-negara ekonomi maju semakin lama semakin terlihat seperti 'Game of Thrones'. Balance of power dan aliansi di antara negara-negara ekonomi maju sepertinya tengah mengalami keretakan," imbuh Jokowi.


Makna 'Winter Is Coming' yang Disebut Jokowi di Acara IMF-WB



Setelah menganalogikan kondisi ekonomi global seperti film Avengers: Infinity War (2018), Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menganalogikan dengan produk hiburan. 

Kali ini, dalam pidato pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF), ia mengibaratkan ekonomi global seperti serial televisi Game of Thrones (GoT).

Sebelum lanjut lebih dalam, Game of Thrones merupakan serial yang tayang di HBO dan merupakan adaptasi dari seri novel A Song of Ice and Fire karya George Raymond Richard Martin. 


Tahun depan HBO akan menayangkan musim kedelapan GoT yang akan menjadi musim terakhir.
Secara garis besar GoT bercerita tentang perebutan takhta dalam benua bernama Westeros yang dipimpin satu kerajaan besar. 

Pemegang kekuasaan kerajaan bisa berganti, namun singgasana tidak bisa berganti. Singgasana itu terbuat dari ribuan pedang yang ditempa dengan api naga sehingga The Iron Throne.

Setiap kerajaan, disebut House, yang memegang kekuasaan The Iron Throne bertugas memerintah tujuh wilayah Westeros. Agar mudah memerintah, pada setiap wilayah ditunjuk satu Great House untuk memerintah kerajaan-kerajaan kecil di wilayahnya.


Alih-alih sejahtera dan makmur, satu sama lain Great House malah bersengkongkol dan saling perang untuk menguasai The Iron Throne. Segala intrik politik dilakukan. 

Sementara itu, mengacu pada musim GoT yang akan datang, ada ancaman dari wilayah paling Utara yang disebut Beyond The Wall semakin dekat. 

Ancaman itu berupa musim salju berkepanjangan yang membawa pasukan mati atau disebut Wights. Wights diperintah oleh White Walker dan Night King. Manusia yang disentuh White Walker atau Night King akan berubah menjadi Wights.


Kisah itu pula yang dijelaskan oleh Jokowi. Mantan Wali Kota Solo ini mengatakan sejumlah kepala negara sibuk mendorong ekonomi negara masing-masing, namun tak diiringi dengan koordinasi antara negara. 

Akhirnya harga minyak mentah dunia saat ini terus meroket dan mata uang berbagai negara keok terhadap dolar Amerika Serikat (AS). AS menikmati pertumbuhan ekonomi yang pesat, sedangkan pertumbuhan ekonomi negara lainnya tak stabil.

"Dengan berbagai masalah perekonomian dunia, sudah cukup bagi kita untuk mengatakan bahwa: Winter Is Coming," kata Jokowi di Bali, Jumat (12/10).



Pidato Game of Thrones, Meme Jokowi 'Winter is Coming' Dipajang HBO


Pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengutip serial 'Game of Thrones' ramai jadi pembahasan di mana-mana. Bahkan meme Jokowi pun dipasang HBO Asia, yang merilis serial itu. 

Lewat Twitter, HBO Asia mengunggah meme berwajah Jokowi tapi berbadan Ned Stark, salah satu tokoh di 'Game of Thrones'. Meme itu dilengkapi tulisan 'Bersiaplah, Musim Dingin akan Datang'. 

"Yeah, kami juga tak sabar menanti season 8, Pak Presiden," tulis HBO Asia, Jumat (12/10/2018).


(detik.com/CNNIndonesia.com)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pidato Game of Thrones Jokowi Diapresiasi Dunia Internasional, Fadli Zon Nyinyir Aja. Begini Katanya!"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.