Bohong Lagi? Sandiaga Kena Skakmat Warganet Gara-gara Janji Untuk Setop Ekspor Rotan Mentah. Cek Faktanya!


Beritaterheboh.com - Cawapres Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung ke sentra Industri Rotan Desa Trangsan, Gatak, Sukoharjo Jawa Tengah, Jumat (28/12). Dalam kunjungannya, pengusaha Rotan bernama Nurhayati curhat kepada Sandi soal kelangkaan bahan baku, modal yang sulit, hingga harga rotan yang terus naik.


Nurhayati mengaku kian sulit mendapatkan bahan baku untuk para pengrajinnya. Dia khawatir, kerajinan rotan di Desa Trangsan akan hilang.

"Intinya pak, para pengrajin dan eksportir kesulitan bahan baku. Untuk mendapatkan bahan baku, butuh perjuangan. Rotan naiknya luar biasa. Kenapa setiap beli rotan terus naik? Padahal daya beli Australia, Eropa dan Amerika turun pak," kata Nurhayati.

Bahkan, kata dia, negara Vietnam yang standar produksi rotannya di bawah Indonesia kini lebih baik.

"Karena Vietnam pemerintahnya sangat support pengusaha rotannya. Di sini banyak yang menggantungkan kehidupannya di industri ini Pak. Jika pabrik kami tutup, berapa banyak orang yang kehilangan pekerjaan," kata Nur.

Sandi mengaku geram mendengar kondisi tersebut. Dia mengibaratkan bahwa bangsa Indonesia seperti lapar di lumbung padi. Sandi bakal menghentikan ekspor rotan mentah.

"Jujur saya gemas. Solusinya adalah setop ekspor rotan mentah. Bayangkan petani rotan di Kalimantan mengaku stok berlimpah, bahkan harga jual turun. Tapi di desa Trangsen, harga rotan terus naik. Ini ada sesuatu yang tidak beres," tegas Sandi.

Sandi bercerita bahwa sempat punya perusahaan rotan. Tapi ditutup tahun 2002 karena masalah yang sama. Dia menyadari sampai saat ini bahwa kondisi pengusaha rotan kian buruk.

Sandi berjanji tidak akan main-main dengan tata niaga rotan. Menurutnya, Rotan bisa menjadi nilai tambah untuk menggerakkan ekonomi Indonesia.

"Ekspor rotan mentah ke Cina dan Vietnam. Masa kita bikin kaya pengrajin Vietnam dan China. Harusnya desa Trangsan yang maju," ucap Sandi.

Kemudian, untuk para pengrajin Rotan di daerah tersebut, Sandi berjanji akan memperhatikan masalah modal dengan progam OK OCE.

"Saya akan mendorong program One Kampung One Center Entreprenuership. Kami akan memberikan pelatihan pendampingan, akses pemasaran dan permodalan," tandas Sandiaga Uno.


Sandiaga lantas memposting kegiatannya diakun twitter

Dan postingan Sandiaga pun antas mendapat komplain dari netizen








. .
. .
. .
. .
. .
. .
. .

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bohong Lagi? Sandiaga Kena Skakmat Warganet Gara-gara Janji Untuk Setop Ekspor Rotan Mentah. Cek Faktanya!"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.