Tidak Sampai 8 Juta, Ini Data Kepolisian Terkait Jumlah Peserta Reuni 212


Beritaterheboh.com - Panitia Reuni Akbar 212 dan Polri memiliki estimasi berbeda perihal jumlah massa yang mengikuti acara di Monas, Jakarta, Minggu (2/12/18).

Panitia reuni memperkirakan peserta aksi mencapai delapan juta.

Namun, Polri memperkirakan jumlah peserta jauh di bawah estimasi panitia.


 “Cuma 40 ribu orang (peserta reuni),” kata Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Minggu (2/12/18).

Dedi mengatakan, pihaknya mendapatkan angka 40 ribu itu dari fakta di lapangan.

“Mereka targetnya segitu (delapan juta orang). Namun, kenyataannya di lapangan tidak sampai satu per sepuluhnya. Beda dengan 2016 memang jumlahnya bisa mencapai satu juta orang,” tambah Dedi.

Sebelumnya, Ketua Umum Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Maarif mengatakan, jumlah peserta Reuni Akbar 212 kali ini lebih banyak dibandingkan Aksi Bela Islam 212 pada 2016.

Dia mengklaim jumlah massa yang hadir mencapai delapan juta orang atau lebih banyak dari 2016 lalu yang mencapai tujuh juta.

“Ini lebih banyak dari Aksi Bela Islam kita yang dulu,” kata Slamet



Novel Bamukmin Klaim Tiga Juta Orang Hadir di Reuni 212

Ketua Media Center Reuni 212 Novel Bamukmin mengklaim sebanyak tiga juta peserta menghadiri Reuni Akbar 212 yang diselenggarakan di Monas, Jakarta, Ahad, 2 Desember 2018. "Kami memperkirakan yang hadir pada hari ini sebanyak tiga juta peserta. Sama seperti tahun sebelumnya," kata Novel, di lokasi acara.


Novel menjelaskan para peserta dari pelbagai daerah sudah berdatangan sejak Sabtu siang. Bahkan pihaknya menyediakan posko untuk tempat menginap peserta di sejumlah masjid yang ada di sekitar Monas."Ini merupakan momentum kebersamaan yang penuh dengan kedamaian," kata dia.

Menurut pantauan Tempo, peserta Reuni Akbar 212 telah memadati Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat sejak Sabtu, 1 Desember 2018 malam. Padahal, aktivitas di panggung utama masih seputar persiapan serta arahan dari panitia kepada para peserta.


Bahkan sejak Sabtu siang, peserta reuni tersebut terus berdatangan baik melalui pintu lapangan IRTI maupun Pintu Monas Timur yang berada tepat di samping Stasiun Gambir. Sejumlah peserta terlihat tidur sembari menunggu rangkaian acara yang mulai pukul 03.00 WIB. Mereka menggelar tikar di kawasan Monas.

Novel mengatakan ajang kali ini merupakan acara kebersamaan dan sangat penting dihadiri umat Islam. Hal itu juga berkaitan dengan komitmen umat Islam untuk menjaga Pilpres 2019 yang penuh dengan kedamaian.(Tempo.co/detik.com)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tidak Sampai 8 Juta, Ini Data Kepolisian Terkait Jumlah Peserta Reuni 212"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.