Ngeri! Begini Detik-detik Mencekam Longsor Kubur Kampung Adat Sukabumi


Beritaterheboh.com - Azan berkumandang pada pukul 18.05 WIB, Senin 31 Desember 2018. Jelang pergantian tahun, warga melakoni aktivitas sebagaimana biasanya di Kampung Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.


Tiba-tiba suara gemuruh terdengar disertai getaran di area kampung adat tersebut. Tiang listrik bergoyang kuat. Riuh suara teriakan dibarengi takbir bersahutan, warga sempat mengira getaran berasal dari gempa situasi saat itu hujan mengguyur deras.

"Tiang listrik yang menuju Kedusunan Garehong bergoyang kuat, saya cuma bisa baca-baca doa. Tidak lama ada teriakan dari arah jalan setapak menuju Kedusunan Garehong. Rumah yang sebelumnya menghampar itu tertimbun tanah," kata Aeni (30), warga Kadusunan/Desa Cimapag, Kecamatan Cisolok, kepada detikcom di lokasi longsor, Selasa (1/1/2019).

Suasana duka langsung menyelimuti kampung yang termasuk kawasan kasepuhan kampung adat. "Ada yang memanggil nama kerabatnya. Situasinya benar-benar mencekam, tanpa kami bisa berbuat sesuatu karena dihantui rasa takut longsor susulan," tuturnya.


Suara gemuruh besar juga dirasakan Lili, Kepala Dusun IV, Kampung Cimapag. Lili menyebut suara menggema ini terdengar hingga sejauh sekitar satu kilometer.

"Suaranya sampai jauh terdengar, warga yang tinggal di luar kampung ini juga langsung berdatangan ke lokasi. Jalan setapak dipenuhi motor. Saya kondisi masih bingung juga harus bagaimana, akhirnya saya milih nenangin warga," tutur Lili.

Kampung adat ini dihuni 32 kepala keluarga atau 107 jiwa. Hingga jelang tengah siang ini tercatat 4 orang tewas, 63 orang selamat, 5 luka, puluhan orang lainnya belum ditemukan. Puluhan rumah tertimbun. Tim gabungan berjibaku mencari korban yang diduga masih terkubur longsor.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ngeri! Begini Detik-detik Mencekam Longsor Kubur Kampung Adat Sukabumi"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.