Eks Panglima GAM Linge Sebut Perusahaan Prabowo Pakai Tenaga Kerja Asing


Beritaterheboh.com - Eks Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) wilayah Linge Fauzan Azima mengaku lahan PT Tusam Hutani Lestari (THL) milik Prabowo Subianto di Aceh saat ini dimanfaatkan untuk pengambilan getah pinus. Dia menyebut pihak perusahaan mempekerjakan tenaga asing di sana.

"Sekarang lahan itu mereka manfaatkan untuk ambil getah. Ada sebagian masyarakat (yang ambil getah), dan pihak ketiga. Kalau dulu (di sana) banyak dari luar. Dari China juga ada. Awalnya tenaga-tenaga kerja China semua di situ," kata Fauzan saat dimintai konfirmasi, Kamis (21/2/2019).


Masyarakat di sekitar lahan, kata Fauzan, tidak ada yang bekerja secara resmi di perusahaan tersebut. Warga sekitar hanya mengambil getah atas izin PT THL.


Menurutnya, PT THL seharusnya menanam kembali pohon-pohon yang sudah ditebang di dalam lahan. Namun, setelah mendapat izin konsesi kedua, mereka tidak melakukan penanaman sama sekali.

"Jadi lahan-lahan itu telantar, sampai... karena saya dulu waktu itu kan Kepala Badan Pengelola Kawasan Ekosistem Leuser (KEL). Jadi ada 30 ribu hektare lahan PT itu yang masuk ke dalam KEL. Itu memang dulu kita sangat kita tentang kawasan itu ditebang karena itu masuk KEL," ungkap Fauzan.

"Rupanya mereka mendapat izin konsesi itu mereka ingin tebang yang 30 ribu itu karena yang lain sudah gundul," bebernya.


Atas informasi di atas, detikcom sudah berupaya meminta konfirmasi soal keberadaan tenaga kerja asing ke Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh. Namun Kepala Dinas sedang tidak berada di tempat.(detik.com)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Eks Panglima GAM Linge Sebut Perusahaan Prabowo Pakai Tenaga Kerja Asing"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.