Mahasiswa Gayo Demo Prabowo, Tuntut Kembalikan Lahan di Aceh Tengah. Ini Lantarannya...


Beritaterheboh.com - Mahasiswa yang tergabung dalam Organisasi Gayo Merdeka menuntut Calon Presiden Nomor Urut 02 Prabowo Subianto agar segera mengembalikan tanah miliknya ke masyarakat. Organisasi ini berisikan generasi muda dari dataran tinggi Gayo yang kini sedang menuntut ilmu di Kota Banda Aceh.

Menurut mereka tanah yang dimiliki Prabowo tersebut akan lebih maksimal pemanfaatannya jika diserahkan kepada warga. “Kita meminta kepada Prabowo untuk mengembalikan lahan yang sudah dia akui. Bahwasanya dikembalikan itu, dikembalikan kepada petani atau dikembalikan untuk Badan Usaha Milik Daerah. Kita meminta seperti itu agar pemanfaatannya maksimal langsung petani yang mengelola di atas tanahnya sendiri,” ujar Yusuf Sabri, salah seorang mahasiswa anggota Organisasi Gayo Merdeka. 


Yusuf menambahkan bahwa sebelumnya warga mengira tanah tersebut milik Presiden RI ke-2, Suharto. Namun pascadebat ke-2 Calon Presiden RI kemarin, warga baru mengetahui itu adalah tanah milik Prabowo. “Yang orang tahu itu tanahnya Suharto, milik Suharto. Jadi sebagian sudah dimanfaatkan oleh petani tapi tidak jelas terkait penggunaannya itu. Apakah milik Suharto atau bagaimana? Ini sampai saat ini belum jelas. Yang petani tahu disitu adalah milik Suharto,” lanjut Yusuf.

Yusuf juga menjelaskan bahwa lahan Prabowo ini ada di Kecamatan Bintang, di sekitar jalan Aceh Tengah menuju Gayo Lues. “Disitu ada pinus-pinus, disitu lokasinya,” tukas Yusuf.

Sejak ramai diperbincangkan setelah debat ke-2 Calon Presiden Minggu malam, lahan Prabowo di Aceh juga jadi isu yang hangat dibicarakan di warung kopi dan sejumlah tempat nongkrong lainnya di Kota Banda Aceh.

Isu kepemilikan lahan Prabowo mencuat saat debat ke-2 antar Calon Presiden RI, Minggu malam. Joko Widodo menyebut kepemilikan lahan oleh Prabowo seluas 220 ribu hektare di Kalimantan Timur dan 120 ribu hektare di Aceh Tengah. Jokowi menyampaikan hal ini saat menjawab pertanyaan seputar reforma agraria.
Prabowo tak bisa langsung menanggapi karena segmen ketiga telah selesai. Namun dalam testimoninya saat menutup debat, Prabowo mengakui memiliki lahan seluas itu. Hanya saja, status tanah itu merupakan hak guna usaha (HGU). Prabowo menyatakan rela jika sewaktu-waktu negara ingin mengambil kembali tanah tersebut.

Prabowo menambahkan lagi, tanah itu lebih baik dia yang mengurus daripada dikelola oleh asing. "Lebih baik saya yang kelola karena saya nasionalis dan patriot," ujar Prabowo.

MUNANDAR SYAMSUDDIN/ netz.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mahasiswa Gayo Demo Prabowo, Tuntut Kembalikan Lahan di Aceh Tengah. Ini Lantarannya..."

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.