Viral Mobil Berpelat Dinas Angkut Logistik Acara Prabowo, TKN Beri Komentar Telak!


Beritaterheboh.com - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin meminta TNI transparan menjelaskan mobil berpelat nomor dinas yang angkut logistik kampanye Prabowo Subianto. TKN meminta TNI tegas bila anggotanya terbukti terlibat.

"TNI harus transparan kepada masyarakat dan memberitahukan siapa sebenarnya pelaku pelanggaran disiplin dan tata tertib di TNI tersebut, apalagi undang-undang mewajibkan TNI netral di setiap pemilu," kata anggota TKN Inas Nasrullah kepada detikcom, Jumat (22/3/2019).

Inas mengatakan pelaku dinilainya berani karena memindahkan pelat nomor resmi ke mobil yang berbeda. Dia meminta TNI memberitahukan siapa pelakunya.



Sementara itu Wakil Ketua TKN Johnny G Plate menyindir Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang tidak mematuhi undang-undang (UU) pemilu. Dia mengatakan bila sebagai peserta pemilu saja berani melanggar aturan apalagi jika terpilih nanti.

"Jika taat UU pemilu saja sulit apa yang bisa diharapkan dari calon pemimpin seperti ini? Baru sebagai peserta pemilu sudah langgar UU apalagi nanti bisa semua UU diterabas," kata Wakil Ketua TKN Johnny G Plate saat dikonfirmasi terpisah.

Baca juga: Bawaslu Tegur Pengemudi Mobil Pelat TNI yang Angkut Logistik Acara Prabowo

Johnny mengingatkan semua peserta pemilu harus taat pada aturan yang ada. Dia menegaskan tidak dibenarkan TNI terlibat dalam kampanye.

"Peserta pemilu yang harus sadar bahwa menggunakan fasilitas dan melibatkan personil TNI tidak dibenarkan dan melanggar UU pemilu," ucapnya.

Sebelumnya, TNI telah melakukan pengecekan ke registrasi Mabes TNI. "Hasil dari pengecekan dari data yang ada di registrasi Mabes TNI, bahwa nomor tersebut betul nomor kendaraan yang ada di Mabes TNI, yang mana nomor tersebut adalah 3005-00," kata Danpuspom TNI Mayjen Dedy Iswanto dalam konferensi pers di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (22/3).

"Namun jenis kendaraannya tidak sesuai dengan registrasi yang ada di Mabes TNI, yang mana data di registrasi militer, berjenis Mitsubishi Lancer. Mungkin itu yang bisa saya klarifikasi," sambungnya.


Saat ini TNI tengah menelusuri soal berpindahnya pelat dinas untuk sedan Mitsubishi Lancer ke Mitsubishi Pajero. Dedy mengatakan TNI juga sedang mendalami bila memang ada anggota TNI yang terlibat.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyatakan telah menegur pengemudi mobil berpelat dinas TNI tersebut. Dikatakan bahwa sopirnya adalah seorang purnawirawan. 

"Mobil TNI sedang diselidiki dan pelat nomornya pada saat itu kami menemukan, Panwascam Tanah Sereal, kejadian di Kota Bogor, menegur yang bersangkutan pakai mobil pelat dinas. Kemudian diganti dengan pelat biasa, sehingga kemudian kami masukkan pada laporan pengawasan. Nanti kita tindak lanjut bagaimana penindakannya," kata Anggota Bawaslu Rahmat Bagja di gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (22/3).

Baca juga: Mobil Berpelat TNI Dipakai di Kampanye Prabowo, Ini Penjelasannya

Bagja mengaku sudah mengantongi identitas pemilik mobil. Dia memberi tahu profesi sosok pemilik mobil itu merupakan purnawirawan, namun dia enggan menyebut siapa orang tersebut.

"Masih dalam penyelidikan. Jangan, orangnya sedang diproses," katanya.

"Purnawirawan," imbuhnya saat ditanya sosok pemilik mobil.


Artikel Ini Sudah Tayang di detik.com dengan judul,"TKN Jokowi Minta Sosok yang Pakai Mobil Berpelat TNI untuk Kampanye Diungkap

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Viral Mobil Berpelat Dinas Angkut Logistik Acara Prabowo, TKN Beri Komentar Telak!"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.