Fadli Zon Lupa, Denny JA Menangkan Anies-Sandi Kini Bilang LSI Alat Propaganda Penguasa. Cek Faktanya!

Beritaterheboh.com - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon membela hasil survei dari Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) yang menunjukkan Prabowo-Sandiaga unggul.


Puskaptis, selama ini dianggap bermasalah karena hasil surveinya berbeda dengan kebanyakan hasil lembaga survei.

"Termasuk survei dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Charta Politica. Mereka membuat survei, tetapi hasilnya jauh sekali dari kenyataan," kata Fadli di Jakarta, Senin (8/4/2019) sebagaimana dilansir wartaekonomi.co

Fadli menilai LSI Denny JA, Charta Politika, dan SMRC menjadikan survei sebagai alat propaganda dari kubu Jokowi. Puskaptis menyatakan elektabilitas Prabowo-Sandi disebutkan sebesar 47,59 persen, unggul tipis dari elektabilitas Jokowi-Ma'ruf 45,37 persen.

Penelitian dilakukan pada 26 Maret sampai 2 April 2019 dengan jumlah responden 2.100 orang dan metode yang dilakukan adalah random sampling dengan margin of error +/- 2,4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.


Menangkan Anies-Sandi, LSI Denny JA dan Poll Mark dapat penghargaan


 Konsultan politik Lingkaran Survei Indonesia (LSI) milik Denny JA dan Poll Mark Indonesia milik Eep Saefulloh mendapatkan penghargaan. Keduanya mendapatkan penghargaan salah satunya karena sukses memenangkan Anies-Sandi di Pilgub DKI 2017.

Penghargaan diberikan oleh AROPI selaku asosiasi yang melakukan riset kinerja lembaga survei dan konsultan politik. AROPI juga memantau dan mengevaluasi kinerja para lembaga survei di bawah naungannya. AROPI didirikan oleh Denny JA dan Umar Bakrey pada tahun 2007.

"Penghargaan konsultan politik kami berikan kepada 2 konsultan sekaligus, yaitu LSI Denny JA dan Pollmark Indonesia, karena 2 konsultan politik tersebut paling banyak mendapat kemenangan selama Pilkada," ujar Pendiri AROPI, Umar Bakrey saat jumpa pers di Kantor LSI Denny JA kawasan Rawangun, Jakarta, Selasa (9/5).

LSI Denny JA dan Pollmark Indonesia adalah 2 konsultan politik untuk pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno dalam Pilgub DKI Jakarta 2017.

"Pak Prabowo secara khusus melalui naskah tertulis nya mengucapkan terimakasih kepada LSI Denny JA selaku Konsultan Politik," kata Umar sebagaimana dilansir merdeka.com


Survei LSI Denny JA: Anies-Sandi 51,4%, Ahok-Djarot 42,7%


 Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pimpinan Denny JA melakukan survei di detik-detik terakhir menjelang Pilgub DKI putaran kedua. Hasilnya, pasangan calon nomor urut 3, Anies Baswedan-Sandiaga Uno, unggul cukup jauh.

"Hasil survei LSI yang baru saja selesai, April 2017, Anies-Sandi 51,4 persen, Ahok-Djarot 42,7 persen. Yang belum menentukan 5,9 persen," kata founder LSI, Denny JA, dalam siaran pers, Kamis (13/4/2017).

Survei LSI ini dilakukan pada 7-10 April 2017 di Jakarta, secara tatap muka terhadap 440 responden. Responden dipilih menggunakan metode multistage random sampling. Margin of error survei ini plus-minus 4,8%. 

"Per hari ini, semua survei yang dipublikasikan resmi, semuanya menunjukkan Anies-Sandi unggul. Setidaknya sudah ada lima lembaga survei yang secara resmi sudah mempublikasikan risetnya," kata Denny JA. 

Di samping LSI Denny JA, ada SMRC, Media, Pollmark, dan SDI yang sudah mengumumkan temuan mutakhirnya. Dalam semua publikasi survei itu, Anies-Sandi berada di atas Ahok-Djarot dengan selisih terendah di SMRC (sekitar 1 persen) dan tertinggi di LSI Denny JA (sekitar 8 persen). Per hari ini, tak ada satu pun lembaga survei yang mengumumkan Ahok-Djarot unggul di atas Anies-Sandi.

Denny JA menegaskan survei itu didanai oleh pribadi dan tidak ada kepentingan salah satu calon. "Survei ini dibiayai dengan dana sendiri dan dilengkapi pula dengan riset kualitatif (FDG/focus group discussion, media analisis, dan indepth interview)," tuturnya sebagaimana dilansir detik.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fadli Zon Lupa, Denny JA Menangkan Anies-Sandi Kini Bilang LSI Alat Propaganda Penguasa. Cek Faktanya!"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.