Duh Gusti, Tweet Viral Lulusan UI yang Mengeluh Cuma Ditawari Gaji Rp 8 Juta


Beritaterheboh.com - Mencari kerja memang tak hanya berdasarkan minat dan kemampuan. Para profesional juga perlu mempertimbangkan berapa penghasilan yang bisa diberikan perusahaan. 

Tapi sebaiknya gaji tidak dijadikan faktor utama, terlebih untuk Anda yang masih butuh banyak ilmu dan pengalaman atau baru memulai kerja. Karenanya, sebuah cuitan dari seorang lulusan UI jadi viral sebab mengeluhkan penawaran gaji Rp 8 juta yang dianggap terlalu sedikit.

Akun Twitter @askmenfess mengunggah sebuah cuitan yang belakangan jadi viral. Tweet tersebut berasal dari seorang pencari kerja yang baru lulus kuliah. Setelah menghadiri sebuah wawancara kerja, ia curhat mengenai penawaran gaji yang diberikan perusahaan melalui sebuah Insta Story.

"Jadi tadi gue diundang interview kerja perusahaan lokal dan nawarin gaji kisaran 8 juta doang," tulisnya.



Masalah gaji memang menjadi problema klasik para pekerja. Namun yang dianggap menjadi masalah dari cuitan ini adalah karena si penulis merasa penghasilan Rp 8 juta terlalu murah untuk seorang fresh graduate lulusan Universitas Indonesia.


"Hello, meskipun gue fresh graduate gue lulusan UI, pak! Universitas Indonesia. Jangan disamain sama fresh graduate kampus lain dong ah. Level UI mah sudah perusahaan luar negeri. Kalau lokal mah oke saja asal harga cucok," tambahnya

Cuitan ini tentu langsung mendapat respon dari para netizen yang kesal setelah membacanya. Sebagian orang menilai jika penulis terlalu congkak karena mengeluhkan penawaran gaji yang tidak sedikit bagi banyak orang. Netizen pun merasa penulis tidak punya sikap yang baik meski datang dari universitas ternama.(detik.com)

"Kelewat bangga sama almamater? Liat saja kuat sampai kapan (kalau) nggak mau terima standar segitu sebagai fresh graduate. Almamater tanpa skill = omong kosong. Buat yang minder karena (datang dari) universitas biasa, percaya sama gue kalau skill kuat kalau lo bisa ngalahin yang macam gini,"

"Bagus bagus fresh graduate dapet di atas 3 juta. Lulusan UI sih lulusan UI tapi otaknya kagak lulus,"

"Percuma kalau kamu sekolah tinggi di universitas ternama kalau kamu nggak tahu cara ngehargain sesama," tulis para netizen.

Standar gaji fresh graduate di Indonesia memang bisa beragam, tergantung profesi, pengalaman, perusahaan hingga beban pekerjaan. Namun biasanya gaji yang diberikan fresh graduate tanpa pengalaman signifikan adalah sekitar UMP (Upah Minimum Provinsi) di masing-masing daerah. Mulai 2019, UMP di DKI Jakarta sendiri berkisar Rp 3,9 jutaan.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Duh Gusti, Tweet Viral Lulusan UI yang Mengeluh Cuma Ditawari Gaji Rp 8 Juta"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.