Gurita Bisnis Miliader Ciputra, Konglomerat yang Cuma Punya Sepasang Sepatu


Beritaterheboh.com -  Miliader Ciputra meninggal dunia pada Rabu dini hari. Pengusaha kawasan ini meninggal dunia di Gleneagles Hospital Singapore pada pukul 01.05 waktu Singapura.

"Telah meninggal dunia dengan tenang, Bapak Ir Ciputra, Chairman dan Founder Ciputra Group di Singapore pada tgl 27 November 2019 pk 01.05 waktu Singapore," ujar Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol, Rika Lestari, di Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Ciputra merupakan pengusaha kawasan yang bisnisnya sudah sangat menggurita. Selain properti, bisnis pria kelahiran Sulawesi pada 24 Agustus 1931 ini merambah ke sektor kesehatan, media, telekomunikasi dan keuangan.

Mengutip Forbes, Ciputra dinobatkan sebagai orang terkaya dunia nomor 1.941. Sedangkan di Indonesia, ia menduduki peringkat ke-27 orang terkaya.

Saat ini, harta kekayaannya mencapai USD 1,3 miliar atau kurang lebih Rp 18,32 triliun dengan estimasi kurs 14.095 per dolar AS.

‬Pengembangan Ciputra merupakan salah satu perusahaan properti terbesar di Indonesia dengan proyek yang tersebar di 33 kota.

Ciputra memulai bisnisnya dengan membuka jasa konsultan properti di garasi rumah. Saat ini, bisnis properti Ciputra sudah mendunia. Selain mempunyai proyek properti di 33 kota di Indonesia, Ciputra juga memiliki banyak proyek di luar negeri. 

Melalui kemitraan, Ciputra Group telah berkembang dengan pesat di Vietnam (Ciputra Hanoi International City), Kamboja (Grand Phnom Penh International City), India dan China (Grand Shenyang International City).

Di sektor kesehatan, Grup Ciputra berkembang besar. Perusahaan mengembangkan jaringan rumah sakit di berbagak daerah.

Saat ini, jaringan rumah sakit yang telah didirikan adalah Ciputra Hospital CitraGarden City, Ciputra Hospital Tanggerang, Ciputra Medical Center, Ciputra SMG Eye Clinic (CSEC), dan CDerma – Dermatology and Aesthetic Center.

Ciputra juga mengembangkan bisnis di sektor media dan telekomunikasi. Perusahaan media yang ada di bawah naungan Ciputra antara lain Bintang, Aura, Home, dan Teen. Sedangkan jaringan telekomunikasi berada di bawah Ciptakom yang fokus di jaringan optik. 

Di sektor keuangan, Ciputra juga memiliki perusahaan asuransi, yaitu Ciputra Life. Perusahaan ini anak perusahaan dari PT Ciputra International dan PT Tunas Andalan Pratama, yang memperoleh izin usaha asuransi jiwa dari OJK pada 16 Desember 2016 dan mulai memberikan perlindungan asuransi kepada pelanggan pada 1 Februari 2017.  

Konglomerat yang Cuma Punya Sepasang Sepatu


 Ciputra, tentu bukanlah nama yang asing lagi. Ia adalah pengusaha properti kelas kakap dengan harta mencapai Rp 18,2 triliun.

Meski punya harta melimpah, Ciputra bisa dikatakan pengusaha yang sederhana. Hal itu itu diungkapkan oleh Cipta Ciputra Harun yang merupakan generasi ketiga keluarga Ciputra.

Dalam catatan detikcom 2017 lalu, Cipta mengatakan, kakeknya hanya menggunakan sepasang sepatu untuk berpergian kemana-mana.

"Dia nggak pernah mikirin sepatunya apa, bajunya apa. Sepatu dia cuma satu, New Balance warna hitam, entah tahun berapa belinya. Nggak ganti-ganti," ujar Cipta.

Mobil yang ditumpangi juga hanya Toyota Alphard seri lama. Bagi Ciputra, merek baju, mobil atau sepatu, sepertinya sama sekali bukan hal penting.

"Bukan soal dia mau sederhana, tapi dia memang nggak kepikiran," tambahnya.

Cipta juga mengungkapkan, kakeknya mengajarkan kerja keras kepada cucunya. Dia bilang, generasi ketiga keluarga Ciputra yang hendak bergabung dengan Grup Ciputra mesti meniti karier dari bawah. Tak ada cerita cucu Ciputra yang baru lulus kuliah dan langsung jadi direktur.

Menurut Cipta, tak ada keistimewaan bagi cucu Ciputra sekalipun.

"Digaji pun dengan jumlah yang sama dengan staf lain. Kalau cucunya merasa keberatan pasti mereka nggak bergabung. Karena kami mau Grup Ciputra ini terus berlanjut dan last forever," kata putra pasangan Harun Hajadi-Junita Ciputra ini.

Selain itu, ada banyak hal yang dia pelajari dari kakeknya, misalnya dalam hal kegigihan.

"Dia orang yang punya determinasi tinggi. Kalau ada satu masalah dia bakal telepon kamu 10 kali setiap hari untuk memastikan masalah itu terpecahkan... Ciputra itu sangat gigih dan tekun, nggak pernah mau kalah," kata Cipta.

Namun, pengusaha sederhana itu kini telah berpulang. Ciputra tutup usia hari ini, Rabu (27/11/2019) di usianya ke 88 tahun. Selamat jalan Pak Ci!(liputan6.com/detik.com)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gurita Bisnis Miliader Ciputra, Konglomerat yang Cuma Punya Sepasang Sepatu"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.