Tetap Lanjutkan Revitalisasi Monas, Fraksi PDIP DPRD DKI Meradang, 'Semprot' Kontraktor


Beritaterheboh.com - Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta, Hardiyanto Kenneth meradang dengan sikap kontraktor PT Bahana Prima Nusantara yang memilih tetap melanjutkan pengerjaan revitalisasi Monumen Nasional (Monas). Padahal revitalisasi ikon Jakarta itu sudah dihentikan sementara.

Kontraktor dianggap tak mengindahkan keputusan penghentian sementara revitalisasi Monas, berdasarkan hasil rapat dengan Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan (Citata) pada Rabu, 22 Januari 2020.


"Silakan saja PT Bahana melanjutkan proyeknya, jika ingin berhadapan dengan hukum. Kami (Komisi D) sudah meminta untuk dihentikan sementara proyeknya, kenapa harus tetap dilanjutkan. Jangan menganggap kami ini seperti tidak ada harganya," ucap Kenneth kepada Okezone, Jumat (24/1/2020).

Kenneth meminta kepada Dinas Citata dan PT Bahana Prima Nusantara agar dapat menahan diri, sembari mengurus izin dari dari Komisi Pengarah. Hal itu guna melewati tahapan-tahapan yang telah diatur oleh Kementerian Sekretaris Negara (Kemensesneg), yang tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 25 Tahun 1995, tentang Pembangunan Kawasan Medan Merdeka di Wilayah Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta.

"PT Bahana dan Dinas Citata jangan sembarangan melakukan revitalisasi Monas, kalau belum dapat izin dari Setneg. Kami tidak ingin mengganggu orang mencari makan, tapi tolong dengan cara yang baik, dengan prosedur yang baik," geramnya.

Dia menegaskan, tugas DPRD DKI Jakarta sebagai pengawas terhadap pelaksanaan peraturan daerah serta anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) DKI Jakarta. Anggaran untuk revitalisasi Monas menelan angka Rp64,1 miliar.

"Tugas DPRD itu hanya mengawasi, bukan untuk menghentikan. Coba diurus dulu semuanya yang benar dan baik. Itu semua uang milik warga Jakarta loh. PT Bahana jangan gegabah dan melanjutkan proyek. Nanti kalau akibatnya diproses secara hukum, jangan dibilang nanti kalian dizalimi, ini kan sudah ada keputusan hasil rapat, jadi tolong dihargai," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, Kontraktor PT Bahana Prima Nusantara menyebut pengerjaan revitalisasi Monumen Nasional (Monas) terus berlangsung meski Komisi D DPRD DKI minta diberhentikan sementara.

"Ya penjelasan sejauh ini dari dinas terkait itu tetap berjalan sampai dengan selesai," ucap Dirut PT Bahana Prima Nusantara, Muhidin Shaleh di Jakarta Pusat, Kamis 23 Januari 2020.

Dalam perkara ini, pihak kontraktor melihat adanya tumpang tindih dan kurangnya koordinasi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah.

"Ada kurang koordinasi dan sinkronisasi antar pemerintah sehingga timbul ada pro-kontra itu. Tapi saya kira itu pemerintah DKI punya kewenangan juga terhadap area ini, jadi secara proyek tetap berjalan sampai selesai," kata Muhidin. (qlh/artikel lama)

(wal)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tetap Lanjutkan Revitalisasi Monas, Fraksi PDIP DPRD DKI Meradang, 'Semprot' Kontraktor "

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.