Ini Strategi Jitu Bali Berhasil Lawan Corona Tanpa PSBB

Beritaterheboh.com - Pemprov Bali berhasil menekan laju penambahan kasus positif virus Corona (COVID-19) meski tidak menerapkan pembatasan...

Beritaterheboh.com - Pemprov Bali berhasil menekan laju penambahan kasus positif virus Corona (COVID-19) meski tidak menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Keberhasilan Bali diapresiasi pemerintah.

Apresiasi pemerintah disampaikan Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Doni Monardo usai ratas melalui siaran yang ditayangkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (12/5/2020).

"Ada daerah yang tidak PSBB tetapi berhasil, tadi sudah dilihat bahwa Provinsi Bali salah satu di antara provinsi yang tidak menetapkan PSBB. Tetapi menunjukkan angka laju penambahan positif berkurang, pasien di rumah sakit banyak yang sembuh dan tidak ada penambahan angka kematian," sambung Doni.


Upaya Pemprov Bali yang memanfaatkan kearifan lokal inilah, jelas Doni, yang perlu diapresiasi. Doni mengatakan Pemprov Bali berhasil menekan laju penambahan kasus dengan memaksimalkan perangkat hingga tingkat desa adat.

"Dan tentu ini harus kita hargai walaupun Bali tidak memutuskan memilih PSBB, tapi Bali telah melakukan upaya secara maksimal dengan memanfaatkan kearifan lokal, menggerakkan desa adat, gotong royong berbasis adat, jadi ada gugus tugas tingkat desa adat," tutur Doni.

Dalam kesempatan terpisah, Gubernur Bali I Wayan Koster menjabarkan pola penanganan Corona di wilayahnya tanpa menerapkan kebijakan PSBB. Koster mengatakan sejak kasus Corona muncul di RI, Pemprov Bali langsung menerapkan tiga level penanganan.

"Kami langsung membuat suatu pola penanganan dalam bentuk kebijakan kemudian operasional kebijakan dan operasional di tingkat lapangan, jadi ada 3 level penanganan COVID-19 di Provinsi Bali," kata Koster dalam rapat terbatas evaluasi pelaksanaan penerapan PSBB, yang disiarkan di saluran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (12/5).


Level Pertama

Penanganan level pertama yang dilakukan Pemprov Bali yakni menerbitkan kebijakan di tingkat Provinsi berupa surat edaran, imbauan dan instruksi yang lebih rinci untuk masyarakat.

Level Kedua

Kemudian level kedua, Pemprov Bali melakukan penanganan di tingkat Kabupaten yakni mengkoordinasi penanganan di Kabupaten dan Kota.

Level Ketiga

Level paling bawah, level tiga, yaitu Pemprov Bali menerapkan kebijakan di wilayah desa adat dengan membentuk satgas gotong royong yang melibatkan unsur-unsur desa, dinas, kelurahan, babinsa, dan bhabinkamtibmas dan elemen masyarakat.

"Jadi leading-nya di wilayah desa, desa adat itu sendiri karena memiliki satu kearifan lokal dengan hukum adatnya yang bisa meningkatkan lebih kuat masyarakatnya di wilayah desa adat masing-masing di Bali," ujarnya.

Koster menerangkan, di Bali ada 1.493 desa adat. Desa-desat ada itu yang menjadi andalan utama Pemprov Bali untuk mengendalikan pergerakan masyarakat di wilayah masing-masing.


Lebih lanjut, menurut Koster, desa adat di Bali memiliki hukum adat yang menjadi acuan masyarakat dalam penanganan wabah. Sehingga, secara ritual, warga desa adat sudah diwariskan tata cara penanganan apabila wilayahnya terdampak wabah.


"Kelebihan di desa adat adalah selain upaya biasa yang sifatnya terlihat, di desa adat juga ada suatu keyakinan dengan ritual agama yang dinamakan dalam bentuk niskala, suatu ritual adat keagamaan yang jadi keyakinan di Bali. Ketika ada wabah seperti ini memang ada warisan dari para leluhur yang bisa dijadikan satu pedoman untuk melaksanakan itu secara ritual. Ini menjadi warisan yang sangat penting karena para leluhur kami mengajarkan dari dulu bahwa kalau ada wabah ada cara sendiri penanganan secara ritual," jelasnya.


Menyiapkan Fasilitas Kesehatan

Dalam penangan Corona ini, Pemprov Bali juga telah menyiapkan fasilitas kesehatan yang kualitasnya memadai. Koster mengatakan, Pemprov Bali sudah memiliki 13 rumah sakit rujukan khusus Corona dengan 392 tempat tidur lengkap dengan ruang isolasi. Koster menambahkan, peralatan untuk tenaga medis juga terbilang lengkap mulai dari APD hingga ventilator.

"Kemudian kami tingkatkan kualitas layanan menyiapkan lab uji swab berbasis PCR di Rumah Sakit Sanghlah, Rumah Sakit Universitas Udayana, dan FKIK Universitas Warmadewa. Dulu sulit uji swab karena harus ke Jakarta atau Surabaya, waktunya lama. Maka dengan ada 3 lab ini bisa dilakukan uji cepat, dalam jumlah banyak paling lama 24 jam hasilnya keluar," kata Koster.

Pemprov Bali juga menyiapkan hotel dan transportasi untuk petugas medis yang menangani Corona. Termasuk melakukan pemetaan terhadap Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan ABK asal Bali yang bekerja di luar negeri.



Pemetaan dilakukan karena berdasarkan data, pasien Positif di Bali didominasi oleh adanya PMI dan ABK yang kembali dari luar negeri. Tercatat ada 15.004 warga Bali yang bekerja di luar negeri sebagai PMI dan ABK.

"Itu yang pulang setelah kami cek lapangan ini yang banyak positif menularkan warganya dan lingkungan luas apalagi rumah tangga. Oleh itu kami lakukan upaya pengendalian PMI dan ABK ini. Semua kami karantina dengan rapid test dulu, sekarang sudah diswab, jadi PMI ABK kami karantina semuanya. Yang negatif itu dikarantina oleh kabupaten kota di hotel atau fasilitas daerah. PMI ABK positif, kalau positifnya sehat kami karantina di faskes yang baik ditanggung penuh provinsi. Kalau positif dengan gejala langsung ditangani intensif sehingga pembagian tugas jelas," imbuh Koster.


"Yang positif itu dikarantina provinsi, yang negatif kabupaten kota selama 2 minggu dan saat ini kami perketat lagi. Bari bisa dipulangkan ke rumah kalau sudah uji swab dua kali hasil negatif. Kami melakukan rapid test dengan ketat di bandara internasional, Pelabuhan Benoa dan Gilimanuk," lanjut dia.

Selain itu, pengawasan terhadap PMI dan ABK yang sudah di Bali juga diperketat dengan pemetaan melalui digital. Koster menjelaskan, Pemprov Bali sudah melakukan rapid test terhadap PMI dan ABK untuk memastikan mana warganya yang terindikasi Corona dan tidak.

"Kami lakukan rapid test di seluruh Bali mulai dari kemarin, target selesai Jumat ini sehingga PMI ABK di semua wilayah desa adat ini memiliki kepastian mana yang positif mana yang negatif," kata Koster.(detik.com)

Name

ABDUL AZIZ,1,abu tours,10,agus,1,ahmad dhani,62,Ahok,396,ahoker,1,amien rais,4,Anies,16,AniYudhoyono,13,anti virus,1,asian games 2018,2,bahar smith,3,bbm,1,Bela Islam,4,Berita,3428,Berita Islam,14,bom bunuh diri,1,bom medan,12,bom surabaya 13 Mei,29,bpjs,4,corona,278,Daerah,72,data corona,59,debat capres,8,deddy,2,demo,1,demokrat,3,djarot saiful hidayat,21,dki,736,dpr,1,DPR/DPRD,19,Ekonomi,17,enter,1,entertainment,1785,erick tohir,1,fadli zon,42,fahri hamzah,17,farhat,5,first travel,8,FPI,189,ganti presiden,12,garuda,66,gempa bumi,1,gempa palu,6,gerindra,2,Gibran,44,guru honorer,1,habib bahar,1,habib rizieq,4,hatespeech,13,Hukum,239,ILC,17,intermezzo,3,Internasional,179,investasi bodong,2,Iriana Jokowi,4,Isu,1,Jakarta,119,jogja,1,Jokowi,197,jonru,2,Jusuf Kalla,8,Kaesang,49,Kahiyang,9,kampanye akbar Jokowi,1,kasus 22 mei,10,kasus ektp,3,kasus jessica,1,kasus sepakbola,6,kecelakaan,8,keraton agung sejagat,26,Kesehatan,1,Kontroversi,24,korban,1,KPK,1,Kriminal,16,leasing,1,lina sule,82,lion air,62,lucinta luna,71,mafia bola,1,Mario Teguh,3,mata najwa,13,mca,13,menteri susi,10,mudik,1,MUI,12,mulan jameela,1,mustafa nahra,1,najwa,1,nas,1,Nasional,490,News,3,Novel Baswedan,19,NU,46,NUSRON WAHID,3,ojol,3,Olahraga,13,Opini,245,PAN,1,papua,1,Partai,15,pdip,1,pemilu2019,1,Pendidikan,8,Peristiwa,44,Pilgub DKI,203,pilgub sumut,1,pilkada,5,pilkada2018,10,pilpres2019,48,PKB,1,pks,10,Politik,4898,POLRI,17,prabowo,2,pssi,1,Ragam,2,ratna sarumpaet,103,realcount,2,Revisi UU,1,ridwan kamik,1,ridwan kamil,1,risma,6,s,1,sandiaga uno,11,saracen,1,SBY,39,sejarah,1,Seleb,81,serba serbi,1,setnov,2,sidang MK 2019,35,sport,1,sunda empire,14,surat ahmad dhani,4,syilviana,2,T,1,telkomsel,1,Teror,9,teroris riau,2,Tips,2,TNI,10,tol cipularang,8,topic netizen,758,tragedi 9 mei 2018,22,tre,1,trending topik,1848,UAS,27,UN,1,Unik,1,
ltr
item
Berita Heboh: Ini Strategi Jitu Bali Berhasil Lawan Corona Tanpa PSBB
Ini Strategi Jitu Bali Berhasil Lawan Corona Tanpa PSBB
https://1.bp.blogspot.com/-lFVtA6msuFM/XrtGA2l1hKI/AAAAAAAAtpI/rdQVrYJ8zIMhQpjV_zJXm3l161EvlOSbwCLcBGAsYHQ/s1600/bali.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-lFVtA6msuFM/XrtGA2l1hKI/AAAAAAAAtpI/rdQVrYJ8zIMhQpjV_zJXm3l161EvlOSbwCLcBGAsYHQ/s72-c/bali.jpeg
Berita Heboh
http://www.beritaterheboh.com/2020/05/ini-strategi-jitu-bali-berhasil-lawan.html
http://www.beritaterheboh.com/
http://www.beritaterheboh.com/
http://www.beritaterheboh.com/2020/05/ini-strategi-jitu-bali-berhasil-lawan.html
true
5276501411807228324
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content