Patung Jenderal Perang China di Tuban Ditutup, Ini Kronologisnya


Patung Jendral Perang Cina Kwan Sing Tee Koen di Tuban, Jawa Timur ditutup.

Beritaterheboh.com – Patung Jendral Perang Cina Kwan Sing Tee Koen yang berdiri gagah di Tuban, Jawa Timur ditutup. Penutupan ini tak lepas dari aksi protes dari publik menyusul keberadaannya memang taka da kaitan sejarah dengan peradaban dan sejarah bangsa Indonesia.

Berdasarkan pantauan, Patung Jendral Perang Cina Kwan Sing Tee Koen setinggi 30,4 meter itu telah ditutupi dengan kain putih meski masih tetap utuh berdiri di halaman belakang klenteng Kwan Sing Tuban yang berada di jalan RE Martadinata, Kota Tuban.

Berdasarkan laporan yang diterima redaksi, Minggu (6/8), penutupan itu dilaksanakan mulai Sabtu (5/8) pukul 13.10 WIB sampai dengan Minggu (6/8) pukul 13.00 WIB dan bertempat di Klenteng Kwan Sing Bio Tuban.

“Melaporkan pada Sabtu 05 Agustus 2017 Pukul 13.10 WIB s.d Minggu 06 Agustus pukul 13.00 WIB bertempat di Klenteng Kwan Sing Bio Tuban telah dilaksanakan kegiatan penutupan Patung Jendral Perang Cina Kwan Sing Tee Koen dengan kain Putih oleh Pihak Pengurus Klenteng dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Tuban, diikuti sekitar 50 (lima puluh) orang sebagai penanggung jawab Gunawan (Ketua TITD Klenteng Kwan Sing Bio),” demikian laporan yang diterima, Minggu (6/8).


Adapun pihak-pihak yang hadir dalam kegiatan kegiatan penutupan patung itu di antaranya AKBP Fadly Samad SH. SIK. MH (Kapolres Tuban), Mayor Inf Suko Edy Winarto S.SOS (Kasdim 0811/Tuban), Kompol Kuswara S.H Sik (Wakapolres Kab.Tuban), Kompol Dodi Priatin Irianto (Kabag ops Polres Tuban), Joko Ludiono M.si (Ketua BPBD Kab.Tuban), Kapten Inf Gacuk Winarso (Danramil 0811/15 Jenu), Lettu Ali Mubdi (Pasi Intel Kodim 0811/Tuban), M. Sholeh, SH,M.HUM (Kasatintelkam Polres Tuban), Gunawan (Ketua TITD Klenteng Kwan Sing Bio Tuban), serta Lio Pramono (Wakil TITD Klenteng Kwan Sing Bio Tuban).




Sementara rangakaian kegiatan penutupan, sebagai berikut :

1. Pada Sabtu 05 Agustus 2017 Pukul 13.10 WIB dilaksanakan rapat terbatas penutupan Patung tersebut di Klenteng Kwan Sing Bio dengan hasil bahwa Patung akan ditutup dengan kain putih seluruhnya.

2. Pukul 13.50 WIB pelaksanaan Doa dipimpin Bpk. Joko Ludiono M.si (Ketua BPBD Kab.Tuban) didepan Patung Kwan Sing Tee Koen.

3. Pukul 13.55 WIB pelaksanaan penutupan menunggu dibantu oleh kendaraan alat berat Crane dari PT. Semen Indonesia Kab. Tuban untuk mengangkat personel.

4. Pukul 14.00 WIB alat berat Crane dari PT. Semen Indonesia tiba di Klenteng Kwan Sing Bio Tuban untuk membantu menaikkan personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Tuban untuk naik di atas Kepala Patung Kwan Sing Tee Koen yang tingginya 30,4 meter yang berada di Klenteng Kwan Sing Bio Kab. Tuban untuk melaksanakan proses penjahitan dan penutupan.

5. Pukul 14.10 WIB proses penjahitan kain yang akan digunakan untuk menutupi Patung Kwan Sing Tee Koen oleh personel BPBD Tuban, akan tetapi kurang efisien dan akhirnya diberhentikan dengan cara yang lain.

6. Pukul 15.45 WIB prosesi penjahitan kain sekitar 45 (empat puluh lima) Rol oleh Bpk. Rahmad (penjahit) disamping Patung Kwan Sing Tee Koen.

7. Pukul 17.30 WIB pemasangan lampu penerangan oleh pihak Klenteng guna membantu proses penjahitan hingga pemasangan kain ke Patung.

8. Pukul 23.40 WIB proses penjahitan kain selesai menunggu proses penarikan kain ke atas Patung Kwan Sing Tee Koen dengan menggunakan alat berat Crane dari PT. Semen Indonesia Tuban.

9. Pada Minggu 06 Agustus 2017 Pukul 00.10 WIB dilaksanakan penggulungan kain sebelum proses penarikan ke atas Patung.

10. Pukul 00.30 WIB proses penarikan gulungan kain ke atas kepala patung Kwan Sing Tee Koen dengan menggunakan alat berat Crane dari PT. Semen Indonesia Tuban diikuti 3 personel BPBD Kab. Tuban.

11. Pukul 01.00 WIB gulungan kain berada tepat di atas Kepala Patung Kwan Sing Tee Koen, dilanjutkan proses pelepasan kain dari atas oleh 3 personel BPBD Kab. Tuban untuk menutupi Patung.

12. Pukul 04.30 WIB proses penutupan patung diberhentikan sementara untuk melaksanakan istirahat karena 3 personel BPBD kesulitan menurunkan kain terkendala banyak yang tersangkut oleh body Patung.

13. Pukul 10.00 WIB pengerjaan penutupan patung dilanjutkan oleh personel BPBD.

14. Pukul 10.05 WIB ke 3 personel BPBD Kab. Tuban dengan dibantu alat berat Crane dari PT. Semen Indonesia naik keatas Patung melanjutkan proses penutupan Patung.

15. Pukul 11.50 WIB patung berhasil tertutup dengan kain putih akan tetapi kain bagian belakang patung robek sampai ke bawah.

16. Pukul 12.30 WIB dilaksanakan penjahitan oleh tim BPBD terhadap kain yang robek dan dilakukan pengikatan pada kain dengan tali tampar/tali ikat plastik melingkar pada Patung.

17. Pukul 13.00 WIB rangkaian kegiatan penutupan Patung Jendral Perang Cina Kwan Sing Tee Koen di Klenteng Kwan Sing Bio Tuban dengan kain Putih selesai selama kegiatan berjalan tertib dan aman.

(nusantaranews.com)





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Patung Jenderal Perang China di Tuban Ditutup, Ini Kronologisnya"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.