Sandiaga Uno Meradang, Akan Usir Semua Becak Masuk dari Luar Jakarta Dan Ancam Lakukan Ini

Beritaterheboh.com - Wakil Gubernur Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno melarang becak dari berbagai daerah masuk ke ibu kota.

Sandiaga tidak ingin wilayah Jakarta dipenuhi dengan tukang becak setelah Pemerintah DKI memiliki wacana untuk mengizinkan becak sebagai angkutan lingkungan di perkampungan.

"Ngak boleh. (Kalau becak daerah masuk Jakarta) kami pulangi lagi," ujar Sandiaga di kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta, Jalan Kuningan Barat, Jakarta Selatan, Jumat (26/1/2018).

Pemerintah DKI hanya ingin menata becak yang selama ini masih ada di Jakarta, bukan untuk mengizinkan tukang becak dari berbagai daerah masuk di Jakarta.

"Becak yang ada di sini yang kami tata, dari luar nggak. Kami berikan pelatihan (pelayanan ke penumpang), kami pastikan mereka sesuai dengan (ketentuan)," kata Sandiaga.

Untuk diketahui, keberadaan becak di Jakarta di larang. Aturan itu dituangkan ke dalam Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2007 tentang ketertiban umum.

Tetapi, Gubernur Jakarta Anies Rasyid Baswedan akan mengizinkan becak di perkampungan beroperasi sebagai angkutan lingkungan. Hal ini akan diterapkan pemerintah DKI untuk memenuhi janji kampanye Anies dan Sandiaga di Pilkada Jakarta 2017 lalu ke warga.

Sandiaga membenarkan Anies tengah menyusun peraturan gubernur yang mengatur soal becak di perkampungan.

"Iya itu lagi dalam proses," kata Sandiaga.

Sebelumnya, petugas Satuan Polisi Pamong Praja bersama Dinas Perhubungan Jakarta akan menjaga di titik masuk perbatasan wilayah ibu kota.

Ini untuk mengantisipasi warga dari daerah yang ingin menjadi tukang becak setelah Anies mengizinkan becak beroperasi sebagi angkutan lingkungan di beberapa wilayah.

"Itu lah yang sekarang ini kami jaga bersama Dinas Perhubungan, kami jagin nih di titik masuk di Jakarta. Kalau ada masuk becak kami tanya, nggak boleh, gitu," ujar Yani saat dihubungi Suara.com, Selasa (23/1/2018).


Para Tukang Becak Mulai Masuk Ibu Kota dan Padati Kolong Flyover Bandengan.

Kebijakan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan memperbolehkan becak beroperasi di Jakarta, kini telah menarik perhatian sejumlah tukang becak dari luar Jakarta.


Diketahui, para tukang becak asal Jawa ini datang ke Jakarta tepatnya di Kolong Flyover Bandengan Utara III Kelurahan Pekojan, Tambora, Jakarta Barat, Kamis (25/1/2018), untuk dilakukan pendataan oleh pihak Dinas Perhubungan dan Satpol PP.


Terpantau, sejumlah tukang becak memadati Kolong Flyover Bandengan Utara III. Tak hanya itu mereka datang dengan becak yang kondisi masih baru.


Nampak, becak mereka dijejer di kolong flyover itu dan menanti petugas guna mendata becak-becak mereka. Mereka berharap cemas disaat petugas belum datang ke lokasi.


Beberapa warga setempat juga mengaku kaget saat melihat banyaknya tukang becak di sekitaran Kolong Flyover Bandengan.


"Mereka datang pakai truk, datang sudah sejak dari Rabu malam kemarin. Dari pagi, para tukang becak itu mangkal. Rombongan itu yah mereka datangnya pakai truk. Kaget juga saya. Bangun pagi, lihat becak sudah ramai," ungkap Kelli (31), selaku warga setempat.


Sementara itu, salah seorang tukang becak di Kolong Flyover Bandengan, Ngatijan (41), akui jauh-jauh dari Indramayu, datang ke Jakarta ini hanya untuk dapat mengadu nasib di Jakarta.


"Kata Pak Gubernur Jakarta (Anies Baswedan) boleh narik becak di Jakarta ya toh. Ya seneng saya dengernya. Ke Jakarta naik truk dan dana ongkosnya patungan sama yang lain. Saudara saya juga ke sini bareng sama saya," ujarnya.


Kejadian ini pun, dibenarkan Lurah Pekojan Tri Prasetyo Utomo. Menurut Tri becak itu datang dari luar Jakarta. Mereka migrasi ke Jakarta, hanya untuk dilakukan pendataan.


"Ooh kejadian becak ramai di Kolong Flyover di Bandengan Utara III, mereka itu mau daftar. Ya didatanya sama Dinas Perhubungan dan pihak Satpol PP. Datanya belum ada di saya, nanti ya saya kasih datanya. Perkiraan ada banyak yah. 20-an lebih becak datang dari Jawa," papar Tri.(Suara.com/Tribunnews.com)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sandiaga Uno Meradang, Akan Usir Semua Becak Masuk dari Luar Jakarta Dan Ancam Lakukan Ini"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.