Ribut Foto Instagram Amien Rais Dihapus Instagram Sampai Sebut Rezim Panik, Politisi Golkar Berikan Jawaban Menohok!


Beritaterheboh.com - Wakil Sekjen PAN Saleh Partaonan Daulay mengaku kecewa atas hilangnya foto pertemuan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, Ketum Gerindra Prabowo Subianto, dan Habib Rizieq Syihab dari akun Instagram Amien. Saleh meminta Instagram memberikan penjelasan. 

"Tentu kecewa. Kelihatan ada perlakuan yang berbeda dengan member lain. Padahal posting foto adalah bagian dari kebebasan berekspresi," kata Saleh lewat pesan singkat kepada detikcom, Senin (4/6/2018).


Saleh menambahkan pihaknya menuntut penjelasan dari Instagram atas hilangnya foto tersebut, sehingga menjadi jelas dan jangan sampai dianggap bertendensi politik. 

"Kami minta penjelasan dari Instagram alasan mereka me-remove gambar tersebut. Jangan sampai penghapusan itu justru bernuansa politik. Instagram tidak boleh berpihak pada satu kelompok, menafikan kelompok lain," tegasnya.


Foto yang mendadak hilang itu sebelumnya ada di akun Instagram @amienraisofficial. Sebelumnya, ada foto Amien Rais saat bertemu Habib Rizieq Syihab dan Prabowo ketika berumrah. Saat dilihat pada Senin (4/6), foto itu tidak ada lagi. 

Kecewa, PAN Minta IG Jelaskan Foto Amien-Rizieq yang DihapusFoto: Postingan foto Amien Rais-Rizieq yang 'hilang' di Instagram @amienraisofficial

Admin IG @amienraisofficial mengungkapkan kekecewaan atas hilangnya foto-foto tersebut. Admin menyebut hal itu menjadi bukti kebebasan berekspresi yang dicederai. 

"IG akhirnya menghapus kembali berkali-berkali secara sepihak semua foto yang kami upload, yang berkaitan dengan tokoh tertentu. Ini bukti bahwa kebebasan berekspresi (yang bertanggung jawab) yang menjadi salahsatu agenda reformasi kembali diciderai; mengembalikan kita pada era yang represif (order baru), di tengah-tengah kebijakan-kebijakan populis yang palsu (order lama). Kita semua menantikan terang setelah zaman-zaman gelap, bukan sebaliknya! Mari #selamatkanindonesia," demikian keterangan di akun @amienraisofficial.


Akun Instagram @amienraisofficial itu tidak dikelola Amien Rais pribadi. Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN Dradjad Wibowo menyebut akun itu dikelola anak-anak Amien Rais dan orang yang dekat dengan mereka. 

Sementara itu, Ketua Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Maarif menanggapi enteng masalah tersebut. Slamet menyebut itu ulah rezim yang panik.

"Sudah (dapat laporan), kelihatan rezim dan cebongnya panik dan ketakutan. Sudah sangat sering bagi kami sudah menjadi hal yang biasa," ujar Slamet.

Golkar: 'Hilangnya' Foto Amien-Rizieq di IG Tak Perlu Dipolitisir

Anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi meminta Instagram (IG) mengklarifikasi utuh terkait hilangnya foto-foto pertemuan Amien Rais, Prabowo Subianto dan Habib Rizieq Syihab. Bobby meminta insiden ini tak perlu dipolitisir. 

"Tidak perlu dipolitisir, antara pengunggah dan pengguna platform publik sama-sama memiliki kesempatan yang sama. Adalah tugas dari admin IG untuk segera klarifikasi hal tersebut," kata Bobby kepada wartawan, Senin (4/6/2018).



Klarifikasi utuh dari IG disebut Bobby bertujuan agar 'hilangnya' Amien-Rizieq tak jadi polemik. Bobby mengatakan, ada kemungkinan hilangnya foto-foto tersebut disebabkan oleh pengguna lain.

"Agar tidak menimbulkan polemik, bila pengguna yang upload tidak merasa menghilangkan, pihak IG juga bisa klarifikasi kenapa foto tersebut di-take down. Apakah memang ada laporan dari pengguna lain?" katanya.

"Platform publik seperti IG memang bisa men-take down unggahan, bila ada laporan dari pengguna lain yang merasa terganggu," ucap Bobby yang juga Ketua Bidang PP Sumatera IV (Sumsel, Babel, Lampung) Golkar itu.


Instagram telah memberi tanggapan terkait hilangnya foto Amien-Rizieq. Instagram sedang melakukan pengecekan.

"Lagi dicek kenapa di-take down. Kemungkinan ini berdasarkan laporan pengguna," ujar perwakilan Instagram saat dihubungi Senin siang. (detik.com)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ribut Foto Instagram Amien Rais Dihapus Instagram Sampai Sebut Rezim Panik, Politisi Golkar Berikan Jawaban Menohok!"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.