Wikileaks Bocorkan Telegram Rahasia, Wagub DKI Pilihan FPI Sandiaga Uno Pernah Lakukan Kunjungan Rahasia Ke Israel


Beritaterheboh.com - Saat ramai-ramai mengenai dilarangnya warga Indonesia melakukan kunjungan ke Israel, mengemuka berkas Wikilieaks mengenai 'kunjungan rahasia' delegasi dari Indonesia ke Israel pada 2006. 

Salah satu pihak yang disebut ikut melakukan kunjungan adalah Sandiaga Uno. 

Wagub DKI ini pun angkat bicara mengenai berkas Wikileaks tersebut.

Dalam situsnya, wikileaks.org, Wikileaks membocorkan telegram rahasia milik Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta tertanggal 10 Juli 2006. 

Dalam telegram tersebut disebut ada 12 orang rombongan dari Kadin Indonesia berkunjung ke Israel yang dipimpin MS Hidayat.

Ada sejumlah nama yang disebut ikut dalam kunjungan itu, di antaranya adalah Luhut B Pandjaitan, Sandiaga S Uno, Chris Kanter, Tata Susila Gunawan, dan Zuhairi Misrawi. 

Kunjungan rombongan Kadin itu, menurut dokumen Wikilieaks, bertujuan untuk menjajaki kerja sama bisnis dan menjajaki partisipasi Israel dalam forum infrastruktur pada November 2006.

Wikileaks menyebut pengusaha John Prasetio dan Duta Besar Israel untuk Singapura Ilan Ben-Dov sebagai pihak yang mengatur kunjungan tersebut. 

Sebagaimana dalam telegram rahasia Kedubes AS untuk Indonesia, Prasetio sempat meminta Menteri Luar Negeri Indonesia saat itu Hassan Wirajuda guna menjelaskan tujuan kunjungan Kadin ke Israel.

Dimintai konfirmasi mengenai berkas Wikileaks ini, Sandiaga pun mengakui menjadi salah satu pihak yang ikut dalam kunjungan tersebut. 

Dia menyebut Menko Maritim saat ini Luhut Binsar Pandjaitan juga ikut dalam rombongan Kadin.

"Pernah (Ke Israel). Tentang pangan, investasi, dan industri digital. Saya saat itu Ketua Hipmi, (berangkat) bersama dengan Ketua Kadin, Pak Luhut, dan beberapa dari pemerintah pusat juga ikut," kata Sandiaga saat dimintai konfirmasi di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (4/6/2018).

Sandiaga bahkan juga menyebut ada perwakilan Nahdlatul Ulama (NU) yang ikut. Kata dia, ada dua anggota NU yang ikut, salah satunya Sadar Subagyo.

"(Anggota NU) ada dua. Sadar Subagyo sama Pak Zuhairi Misrawi," terang Sandiaga. 

Selain membahas mengenai kerja sama ekonomi, Sandi, sapaan akrab Sandiaga, juga berkunjung ke tempat-tempat bersejarah di Israel. Salah satu tempat yang dikunjungi adalah Masjid Al-Aqsa.

"Kita alhamdulillah merasakan salat di Masjid Al-Aqsa," terang Sandiaga.

Sumber: detik.com via beraninews.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wikileaks Bocorkan Telegram Rahasia, Wagub DKI Pilihan FPI Sandiaga Uno Pernah Lakukan Kunjungan Rahasia Ke Israel"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.