6 Fakta Tentang Zohri Sang Peraih Emas Sprinter, Atlet Indonesia Pemecah Rekor Dunia, Ini Profilnya


Beritaterheboh.com - Kejuaraan Dunia Atletik U-20 mengukuhkan nama sprinter Indonesia, Lalu Muhammad Zohri sebagai pemenang lari 100 meter putra.

Dengan kemenangan ini Zohri berhak menggondol medali emas pertama bagi Indonesia sepanjang keikutsertaannya pada ajang dunia ini.

1. Zohri mencatat sejarah baru dunia

Kemenangan ini membuat Zohri mengantar Indonesia menjadi juara dunia lari 100 meter putra atletik Under 20.


Situs resmi Asosiasi Internasional Federasi Atletik (IAAF) pada hari Rabu (11/7) mencatat selama 32 tahun sejarah kejuaraan tersebut, prestasi atlet Indonesia hanya menempati posisi ke-8 pada tahun 1986.

Tapi hal itu seketika berubah saat Zohri mencapai garis finish paling awal dengan catatan waktu 10,18 detik atau sekitar 1,2 detik per meter.

Zohri mengungguli dua sprinter asal Amerika Serikat (AS) Anthony Schwartz dan Eric Harrison.

Kedua sprinter AS itu hanya mencatatkan waktu 10,22 detik.


2. Zohri dapat apresiasi Menko PMK

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengapresiasi prestasi yang dicapai oleh Lalu Muhammad Zohri, atlet cabang atletik asal Indonesia. Zohri berhasil meraih emas setelah mencapai finis terdepan pada nomor lari 100 meter putra Kejuaraan Dunia Atletik U-20 yang digelar di Tempere, Finlandia, Rabu (11/7/2018).

“Ini sejarah baru bagi Indonesia sekaligus pertama kali atlet Indonesia meraih emas di Kejuaraan Dunia Atletik U-20,” ujar Menko PMK mengungkapkan kebahagiaanya.

Zohri berhasil mengalahkan 2 pelari asal Amerika Serikat dengan mencatatkan waktu 10,18 detik. Unggul tipis dari Anthony Schwartz dan Eric Harrison, yang sama-sama mencatatkan waktu 10,22 detik. Pencapaian Zohri merupakan sejarah baru dalam dunia atletik Indonesia.

Atas pencapaian ini, Menko PMK berharap prestasi yang diraih Zohri makin memicu semangat para atlet cabang olahraga atletik untuk mencapai prestasi terbaik di Asian Games 2018.

“Pemerintah telah menyiapkan infrastruktur jelang Asian Games, diantaranya adalah Stadion Madya Gelora Bung Karno yang kini telah siap digunakan untuk cabang atletik. Harapannya, selain sukses infrastruktur, Indonesia bisa mencapai sukses prestasi,” tambah Menko PMK.

3. Profil singkat Zohri

Setelah prestasinya memecah perhatian dunia dan juga Indonesia tentunya, Zohri jadi bahan perbincangan.

Beberapa media sosial mulai membicarakan atlit muda berprestasi ini.

Zohri sendiri adalah atlet asal Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Ia lahir pada tanggal 1 Juli 2000 dan sudah mendedikasikan dirinya untuk menjadi atlit sejak usia dini.

Zohri menjadi atlit Indonesia pertama yang mampu membawa nama bangsa menjadi pencatat sejarah waktu dunia.

4. Komentar Zohri saat pertama kali memenangkan emas IAAF 2018.

Sprinter muda Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, mengharumkan nama bangsa Indonesia melalui prestasinya di Kejuaraan Dunia Atletik U-20 2018 yang digelar di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7/2018).

Sebagai persiapan menuju Asian Games 2018, atlet asal Lombok ini mencatatkan waktu 10,18 detik yang membuatnya berhasil menyabet medali emas di nomor 100 meter.

Pada perlombaan tersebut, Zohri bersaing ketat dengan ketujuh sprinter lainnya, di mana semua atlet berhasil mencatatkan waktu 10 detik dalam perlombaan ini.

Namun, Zohri berhasil unggul atas dua sprinter Amerika Serikat. Catatan waktu Zohri 10,18 detik, sementara kedua atlet asal Amerika Serikat yang berada di posisi kedua dan ketiga sama-sama mencatatkan 10,22 detik.

"Saya sangat senang dengan catatan waktu dan rekor nasional junior yang saya miliki," ujar Zohri dalam situs resmi Asosiasi Internasional Federasi Atletik (IAAF).

"Sekarang saya akan mempersiapkan diri untuk Asian Games 2018 pada bulan depan. Saya sangat bangga, ini merupakan pengalaman luar biasa dan sesuatu yang besar untuk karier saya," lanjutnya.

5. Keluarga Tak mampu

Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar mengatakan, Pemkab juga berencana merenovasi rumah keluarga Zohri yang sangat tidak layak


"Pemerintah Kabupaten Lombok Utara akan membuatkan rumah untuk Zohri. Kami sedang rembuk dengan keluarga apakah rumah Zohri ini akan direnovasi atau dibangun di tempat lain. Saya juga bersama Direktur IPDN NTB yang akan membantu. Selain itu, banyak pihak yang ingin membantu Zohri, kami akan bicara lebih dahulu dengan keluarga," ungkap Najmul.


6. Foto-foto Zohri saat selama menjadi atlit sprinter, dan bangga membawa bendera dan nama Indonesia.

#1 Keren banget bawa nama Indonesia!


#2 Selalu disupport sahabat dan keluarganya


#3 Di Asia saja berhasil menduduki peringkat teratas!

#4 Dukungan mengalir deras!
A post shared by Fauzan Nanggadita Kusdinar (@nanggadita) on


#5 Begini sosoknya, gimana? Keren ya?


#6 Potret Zohri saat membanggakan Indonesia!


#7 Tak lupa sujud syukur!


#8 Indonesia bangga padamu Zohri!


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Fakta Tentang Zohri Sang Peraih Emas Sprinter, Atlet Indonesia Pemecah Rekor Dunia, Ini Profilnya"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.