Kronologi Penyelamatan Remaja Thailand dari Gua Tham Luang Yang Bikin Heboh Dunia


Beritaterheboh.com - Hingga Senin (9/7) malam, delapan dari 12 remaja yang terjebak di Gua Tham Luang, Provinsi Chaing Rai, Thailand Utara, berhasil diselamatkan. Tinggal empat remaja dan seorang pelatih mereka yang masih berada di dalam gua.

Tim penyelamat berpacu dengan waktu dan hujan yang bakal terus mengguyur sepanjang musim muson di bulan Juli untuk mengeluarkan mereka yang masih berada dalam Gua Tham Luang.

Berikut linimasa penyelamat remaja Thailand sejak terjebak akhir Juni lalu.


Sabtu, 23 Juni 2018 - Para remaja usia 11-16 tahun bersama pelatih mereka yang berusia 25 tahun masuk ke Gua Tham Luang setelah latihan sepak bola karena hujan lebat.

Mereka dilaporkan hilang setelah salah seorang ibu melaporkan putranya tidak pulang semalaman. Warga setempat menemukan sepeda-sepeda yang dirantai di pagar bersama sepatu sepak bola dekat pintu masuk Gua Tham Luang.


Minggu, 24 Juni 2018 -- Aparat menemukan jejak kaki dan tangan yang diyakini berasal dari para remaja yang hilang ditemukan di dalam gua. Para kerabat mulai berkumpul di luar gua.

Senin, 25 Juni 2018 - Penyelamat Angkatan Laut Thailand masuk ke gua untuk mencari para remaja. Kuil darurat didirikan bagi orang tua yang ingin mendoakan keselamatan putranya, sementara hujan lebat terus tercurah.

Selasa, 26 Juni 2018 - Para penyelamat mencapai persimpangan berbentuk T, beberapa kilometer di dalam gua, namun terpaksa kembali karena air membanjiri celah dekat kantung udara yang disebut 'Pantai Pattaya' dimana para bocah diyakini berada.

Rabu, 27 Juni 2018 - Satu tim terdiri atas 30 personel militer AS dari US Pasific Command tiba. Tiga pakar penyelam asal Inggris ikut bergabung namun segera kembali karena menghadapi banjir yang meninggi di gua.


Kamis, 28 Juni 2018 - Upaya penyelamatan dihentikan Thailand karena hujan lebat menimbulkan aliran banjir ke dalam gua. Pompa air dikirim untuk mengeringkan gua.

Jumat, 29 Juni 2018 - Perdana Menteri Thailand Prayut Chan Ocha berkunjung ke Gua Tham Luang, bercanda dan memasak bersama kerabat dan meminta mereka untuk tidak menyerah dan terus berharap.

Sabtu, 30 Juni 2018 - Hujan berhenti. Para penyelam bisa masuk lebih ke dalam gua, namun masih jauh dari lokasi dimana para remaja diperkirakan berada.

Minggu, 1 Juli 2018 - Para penyelam kianmasuk ke dalam. Pos penyelamatan dididirkan dan ratusan tangki udara dan pasokan lainnya ditempatkan.


Senin, 2 Juli 2018 - Akhirnya, sebuah keajaiban terjadi. Tim penyelam gua Inggris menemukan ke-12 remaja dan pelatihnya ditemukan masih hidup, Senin sore, 400 meter di atas celah gua yang dinamai Pantai Pattaya.

Selasa, 3 Juli 2018 - Makanan dan pasokan obat-obatan, termasuk jeli berkalori tinggi serta paracetamol berhasil dikirimkan kepada para remaja. Tim penyelamat Thailand mempersiapkan kemungkinan bahwa mereka masih harus bertahan di gua selama beberapa waktu.

Rabu, 4 Juli 2018 - Para remaja diajari cara menggunakan masker dan alat bantu pernafasan untuk menyelam. Tim memompa air keluar di tengah perkiraan hujan lebat akan terus turun.

Kamis, 5 Juli 2018 - Aparat memperkirakan hujan akan segera turun dan memerintahkan agar penyelamatan dipercepat. Tim dari pengamatan burung menyisir pegunungan untuk mencari kemungkinan pintu gua lainnya.


Jumat, 6 Juli 2018 - Seorang mantan penyelam Angkatan Laut Thailand meninggal setelah pingsan saat akan kembali dari lokasi para remaja yang terjebak. Komandan SEAL AL Thailand menyatakan kadar oksigen dalam gua menurun drastis. Dia memperingatkan celah untuk menyelamatkan para remaja sangat terbatas.

Sabtu, 7 Juli 2018 - Kepala Operasi Penyelamatan Narongsak Osottanakorn menyatakan para remaja tidak siap untuk melakukan penyelaman dengan aman. Pelatih sepak bola remaja minta kepada orang tua lewat surat, adapun para remaja berpesan kepada orang tuanya agar tidak khawatir.

Minggu, 8 Juli 2018 - Para penyelam berhasil memandu empat remaja keluar dari gua dan membawa mereka ke rumah sakit. Narongsak menyatakan mereka aman, namun tidak menjelaskan kondisinya secara detail. Operasi penyelamatan baru akan dimulai 10 jam kemudian agar kadar oksigen dan pasokan lain terpenuh.




Senin, 9 Juli 2018 - Nama-nama para remaja yang diselamatkan tidak diungkapkan. Senin malam, tim penyelamat berhasil memandu empat remaja lagi dari Gua Tham Luang yang terletak di Thailand Utara.(CNNIndonesia.com)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kronologi Penyelamatan Remaja Thailand dari Gua Tham Luang Yang Bikin Heboh Dunia "

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.