Kain Batik Lebaran Pesanan Ani Yudhoyono Hingga Permintaan Terakhir SBY


Beritaterheboh.com - Jenazah istri Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono, akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, besok. SBY punya permintaan terakhir.

Hal itu disampaikan Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan kepada wartawan di National University Hospital Singapura, Sabtu (1/6/2019). Hinca awalnya menceritakan suasana di ruang emergency. 

"Jadi saya hadir tadi di tempat emergency itu kira-kira 25 menit sebelum pukul 11.50. Saya saksikan sendiri apa yang terjadi di situ dan sudah dijelaskan sama Pak Hatta (Rajasa)" kata Hinca.


Setelah Ibu Ani dipastikan wafat pada pukul 11.50, SBY menggelar rapat bersama keluarga dan teman dekat di ruang seberang emergency. Saat rapat itu, Menhan Ryamizard Ryacudu hadir dan menyampaikan belasungkawa.

"Di rapat keluarga itu lengkap. Dan keluarga dari Ibu Ani yang dipimpin Pak Edi (Pramono Edhie) dan Ibu Ani kakak beradik kembali lebih dahulu ke Tanah Air untuk mempersiapkan Cikeas. Sedangkan nanti upacara pemandian dan acara lainnya tinggal di sini dan difokuskan di kedutaan," ujarnya.

Hinca mengatakan jenazah akan disemayamkan di KBRI Singapura sebelum diterbangkan ke Tanah Air pada Minggu (2/6) besok. Kata Hinca, alasan jenazah disemayamkan di KBRI terlebih dahulu adalah SBY tidak ingin terburu-buru dan perlu persiapan matang.

"Yang membuat kami sangat terpukul tadi Pak SBY minta satu hal, setelah selesai dimandikan dan dimasukkan ke peti jenazah, dia ingin mencium sekali lagi, itu berkali-kali tadi disampaikan, baik di dalam waktu pada saat rapat, tentulah itu kami siapkan," ujarnya.


Hinca mengatakan putra SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edi Baskoro Yudhoyono (Ibas), sudah ikhlas. Begitu juga keluarga lainnya.

"Kondisi Mas Agus, Mas Ibas, Mbak Aliya, dan Mbak Annisa juga tabah tadi sudah disampaikan dan ikhlas semua. Tidak terlalu banyak kami tadi di dalam tapi memang suasana itu suasana yang sangat mendalam," ujarnya.

Kain Batik Lebaran Pesanan Ani Yudhoyono


Jauh sebelum sakit dan dirawat di Singapura, Ani Yudhoyono sudah menyiapkan kain batik untuk Lebaran 2019. Ani memang dikenal sebagai sosok pencinta kain tradisional dan kerap mengenakannya dalam kegiatan-kegiatan tertentu.

Kecintaan Ani terhadap kain tradisional ini diungkapkan oleh sang menantu, Annisa Pohan, lewat akun Instagram-nya, seperti dilihat detikcom, Sabtu (1/6/2019). Annisa juga mengunggah foto kala memakai kain batik bersama Ani Yudhoyono.

"Di foto ini saya belum memiliki anak @almirayudhoyono. Saya dan Memo memakai kain batik senada warna Merah, warna yang menjadi kebiasaan kami utk upacara kenaikan bendera hari kemerdekaan RI. Ada yang bisa tebak ini di tahun berapa? (Saya sendiri lupa hehe...jawabannya Memo yang tau)," cuit Anissa pada 28 April lalu, tanpa diedit.



Anissa menyebut Ani selalu memilihkan kain tradisional untuk dipakai keluarga Yudhoyono pada hari-hari khusus. Bahkan, menurut Anissa, istri presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu sudah memilihkan batik untuk dikenakan pada Lebaran nanti sebelum dirinya dirawat di Singapura.

"Sudah menjadi tradisi keluarga Yudhoyono, di setiap hari-hari khusus seperti peringatan hari ulang tahun Kemerdekaan 17 Agustus, Lebaran, serta special event-event keluarga kami, Memo selalu pilihkan kain Tradisional yang akan kami pakai dan khusus utk perempuan dipilihkan kain kebayanya. Tidak pernah absen Memo pesankan khusus sehingga di acara yang khusus kami sekeluarga juga tampil special dan kompak dengan busana asli Indonesia. Bahkan untuk lebaran tahun ini Memo sudah pesankan jauh hari sblm beliau sakit dan kain batiknya baru saja jadi dan akan segera kami jahit untuk nanti berlebaran di Singapore," tulisnya. 


Tak Jadi Besok, Jenazah Ani Yudhoyono Dipulangkan ke Indonesia Malam Ini


Jenazah mantan ibu negara Ani Yudhoyono akan diterbangkan dari Singapura ke Indonesia malam ini, Sabtu (1/6/2019). Jadwal tersebut berubah dari sebelumnya yang diagendakan pada esok hari, Minggu (2/6/2019) pagi.

"Jenazah Ibu Ani Yudhoyono akan diberangkatkan dari Singapura malam ini," ujar Ketua DPP Demokrat Jansen Sitindaon kepada wartawan, Sabtu (1/6/2019).



Nantinya, jenazah Ani akan tiba di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur sekitar pukul 20.30 WIB. Jenazah ibunda Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhi Baskoro Yudhoyono akan diterbangkan menggunakan pesawat Hercules.

"Tiba di Halim sekitar pukul 20.30 WIB menggunakan Hercules," sambungnya.

Jansen menambahkan, Presiden Keenam Susilo Bambang Yudhoyono bersama AHY serta Ibas juga akan mendampingi mendiang anak dari Sarwo Edhie Prabowo tersebut.

"Bapak SBY, AHY dan Ibas bersama menggunakan Hercules mendampingi," tutup Jansen.

Ani Yudhoyono mengembuskan napas terakhirnya pada Sabtu (1/6/2019) pukul 11.50 waktu Singapura usai berjuang melawan kanker darah sejak awal 2019.

Rencananya, jenazah dimandikan dan disalatkan di masjid Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura.(detik.com/suara.com)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kain Batik Lebaran Pesanan Ani Yudhoyono Hingga Permintaan Terakhir SBY"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.