Ponsel & Baju di Jasad Thoriq Bukti Kuat Kenali Identitas Jenazah Hingga Proses Pemakaman Disaksikan Lautan Pelayat


Beritaterheboh.com - Jenazah Thoriq Rizki Maulidan (14), pendaki Gunung Piramid yang hilang sejak Minggu (23/6/2019) akhirnya ditemukan Jumat (5/7/2019), HP dan baju jadi bukti kuat.


Jenazah Thoriq Rizki Maulidan sudah ditemukan tersangkut di pohon di jurang 'Punggung Naga' Gunung Piramid setelah 12 hari dalam pencarian.

Meski jasadnya telah ditemukan, evakuasi terhadap jenazah Thoriq Rizki Maulidan baru akan dievakuasi hari ini, Sabtu (6/7/2019) karena medan yang sulit.


Polis meyakini jika 90% jenazah pendaki tersebut adalah Thoriq dari HP dan baju yang dikenakannya.


Jenazah Thoriq Ditemukan Tersangkut di Pohon 

Menurut Wakapolres Bondowoso Kompol David Subagio, setelah dilakukan evaluasi dari pencarian sebelumnya, akhirnya tim gabungan membuat analisis kemungkinan dari titik pencarian sebelumnya.

"Kami lakukan evaluasi, akhirnya kami kembali lakukan pencarian lagi," katanya, Sabtu (6/7/2019). Setelah dilakukan pencarian kembali, akhirnya jenazah yang diduga Thoriq ditemukan 75 meter dari titik pencarian sebelumnya.

"Jadi, titik ditemukannya korban ini belum pernah kami sisir. Dan medannya sangat sulit, kemiringannya 75 derajat," ungkapnya.

Saat ditemukan tim SAR, kondisi jenazah tersangkut di pohon.

"Dugaan kami, jika melihat posisi jenazah, korban ini terpeleset dari jalur pendakian," kata David.


Proses Evakuasi

Jumat (5/7), sesosok mayat ditemukan oleh Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Tim Wanadri, Gema Mahapeta Universitas Bondowoso Relawan Brigadir Penolong, dan sejumlah personel lainnya. Mereka menyisir ulang lokasi yang diduga menjadi tempat jatuhnya Toriq. Hingga malam, Tim SAR dan relawan belum bisa melakukan proses evakuasi karena terkendala medan yang terjal, cuaca kabut dan gelap.

Dalam rilis Tim Wanadri, jasad tersebut dalam posisi tersangkut di batang pohon. "Melihat dari terjalnya medan, diduga survivor terperosok lalu tersangkut di batang pohon," kata anggota Tim SAR Wanadri, Eko Wahyu Prasetyo (W1155-TABA).

Kemudian Sabtu (6/7), upaya evakuasi melibatkan ratusan personel gabungan. Di antaranya berasal dari Pos BASARNAS Jember, Yonif Raider 514, Brimob Kompi Bondowoso, Polres Bondowoso, Kodim Bondowoso, Polsek Curahdami, Koramil Curahdami, Wanadri, GMPT Bondowoso, SAR OPA Jember, BPBD Bondowoso, PMI, RAPI, ORARI, gabungan komunitas pecinta alam dan Puskesmas Curahdami.

Tim SAR gabungan menghadapi kendala berupa kondisi titik penemuan yang terjal dan ekstrem. Jenazah berada di dasar tebing Bukit Piramid.

Jasad akhirnya berhasil dievakuasi dari jurang sedalam sekitar 400 meter. Proses evakuasi berjalan selama sekitar 11 jam karena sulitnya medan. Sekitar jam 16.00 WIB, jasad yang diduga Toriq kemudian dibawa ke kamar jenazah Rumah Sakit Dr. Koesnadi Bondowoso.

Polisi memastikan jasad ang ditemukan adalah Toriq, sang pelajar yang hilang. Kepastian itu didapat setelah dilakukan proses autopsi selama sekitar dua jam di RSUD.

Hasi Otopsi Jenazah

 Polres Bondowoso merilis hasil autopsi jenazah yang ditemukan di Gunung Piramid, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Sabtu (6/7/2019).

Polres Bondowoso memastikan bahwa jenazah yang ditemukan adalah Thoriq Rizki Maulidan.

Proses autopsi berlangsung selama kurang lebih dua jam lamanya.

Autopsi dilakukan didampingi dengan pihak keluarga korban.

Seusai proses autopsi, jenazah kemudian diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan.

"Setelah kami lakukan autopsi, juga ada dari pihak keluarga, jenazah tersebut adalah Thoriq,"

"Tadi langsung dibawa pihak keluarganya," terang Wakapolres Bondowoso Kompol David Subagio seperti dilansir Tribunstyle.com dari Kompas.com, Sabtu (6/7/2019).

Sebelumnya diberitakan, jenazah yang diduga Thoriq ditemukan tersangkut di pohon. Saat tim SAR gabungan Polisi, TNI, BPBD, Basarnas, dan relawan sedang melakukan proses evakuasi terhadap jenazah korban.

Usai Disalatkan, Jenazah Toriq Pelajar Hilang di Bukit Piramid Dimakamkan


Kedatangan jenazah Toriq Rizky Maulidan disambut tangis keluarga dan tetangga di rumah duka di Dusun Nyomplong Lor Desa Wonokalang Kecamatan Wonoayu Sidoarjo. Jenazah Toriq segera dimakamkan.

Dari pengamatan detikcom, Minggu (7/7/2019), setelah tiba, peti jenazah Toriq dibawa dan disemayamkan di rumah duka. Setelahnya, jenazah langsung disalatkan.


Usai disalatkan, jenazah lalu didoakan. Usai acara doa bersama selesai, jenazah dibawa ke TPU Desa Wonokalang dengan jarak sekitar 200 meter dari rumah duka.

Diiringi doa dan isak tangis keluarga, jenazah Toriq dimakamkan.(detik.com/tribunnews.com)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ponsel & Baju di Jasad Thoriq Bukti Kuat Kenali Identitas Jenazah Hingga Proses Pemakaman Disaksikan Lautan Pelayat"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.