Presiden Beberkan Fakta Soal Hoax Foto Anak Muda Bergaya Punk yang Disebut Jokowi Muda


Beritaterheboh.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan klarifikasi terkait munculnya foto anak 'punk' yang mirip dengan potret Jokowi semasa muda.

Dalam klarifikasinya, Jokowi mengaku jika foto anak 'punk' tersebut bukanlah dirinya.

Jokowi juga memberikan kelakar bahwa ia tidak seganteng anak 'punk' tersebut sewaktu muda.

Presiden ke-7 Indonesia itu kemudian menjelaskan bahwa semasa mudanya ia lebih senang menghabiskan waktu bersama teman-temannya di gunung.


Selain memberikan klarifikasi, Jokowi juga mengunggah sebuah foto yang menunjukkan potret dirinya bersama teman-temannya sedang memasak mie di alam terbuka.

Dalam foto tersebut, Jokowi yang mengenakan topi berwarna hitam terlihat sedang menuangkan kecap ke dalam wajan.

Sedangkan dua temannya terlihat sedang mengangkat mie yang dimasak di wajan.

Klarifikasi tersebut disampaikan oleh Jokowi lewat kicauan Twitternya, Sabtu (25/8/2018).

"Sebuah foto buram bergambar anak muda berambut punk beredar di media sosial.

Ada yang menyebut itu Jokowi muda.

Itu bukan foto saya. Saya tidak seganteng itu di masa muda.

Pada usia seperti itu, saya lebih senang ke gunung bersama kawan-kawan, dengan bekal ala kadarnya," kicau Jokowi.


Foto itu beredar luas setelah diunggah akun selebgram Agan Harahap atau @aganharahap di Instagram pada Rabu (23/8/2018).

Pada foto itu memperlihatkan sosok yang memiliki kemiripan dengan Jokowi.

Pria itu mengenakan pakaian ala anak punk.

Gaya rambut pria mirip Jokowi itu acak-acakan.

Ia memakai jaket kulit dan berkaus 'Sex Pistols' alias band punk terkenal era 70-an.

Tapi benarkah sosok anak muda bergaya punk itu adalah Jokowi?

Agan Harahap pun membeberkan kisah di balik foto tersebut melalui keterangan fotonya.

Belum lama ini saya berkesempatan untuk berjumpa ke kediaman seorang senior mantan dedengkot punk tanah air yang kini dikenal sebagai salah satu kolektor keris. Ditemui di kediamannya dibilangan Jatinegara, beliau yang meminta agar identitasnya dirahasiakan, bercerita tentang awal pergerakan punk di Indonesia."

"Dengan hati-hati beliau membuka tiap lembaran di album itu. Ia menunjuk beberapa foto kawan-kawannya, sesama pionir punk Indonesia, yang kini sukses menjadi pengusaha, pejabat pemerintah, bahkan tokoh agama."

"Beliau yang sejak tadi aktif bercerita, tiba-tiba terdiam. Matanya memandang lurus pada sebuah foto di album itu. 'Kalo sahabat saya yang satu ini sekarang sudah jadi anak metal, dik" ujarnya sambil tersenyum penuh arti setelah saya menanyakan siapa orang yang ada di foto itu."

"Obrolan kami meluas ke ranah agama, politik sampai kepada pemeran pengganti presiden dalam gelaran Asian Games yang baru lalu itu.

"Ah, kalo dia masih muda kayak dulu, mungkin ga perlu pake stuntman.."

Gumamnya perlahan sambil menerawang. "Loh, bapak kenal sama presiden?"

Tukas saya cepat. Lagi-lagi beliau hanya tersenyum penuh arti.

Hari menjelang sore dan saya pun mohon pamit karena saya harus mengejar kereta yang akan membawa saya pulang ke Jogja." terang Agan Harahap.(Tribunnews.com)
Belum lama ini saya berkesempatan untuk berjumpa ke kediaman seorang senior mantan dedengkot punk tanah air yang kini dikenal sebagai salah satu kolektor keris. Ditemui di kediamannya dibilangan Jatinegara, beliau yang meminta agar identitasnya dirahasiakan, bercerita tentang awal pergerakan punk di Indonesia. . Beliau juga menyayangkan tentang stigma negatif yang kerap disematkan pada anak-anak punk. Menurutnya orang hanya melihat tampilan luarnya saja. Ia lalu bercerita tentang pandangan punk yang mencakup kebebasan individu, anti-otoritarianisme, etika DIY, dsb. “Tapi kesemuanya itu tentu kembali pada pribadi lepas pribadi, dik. Tidak sedikit anak-anak punk yang dulu di cap urakan itu sekarang sukses jadi orang”, tambahnya seraya mengeluarkan sebuah album foto lama. . Dengan hati-hati beliau membuka tiap lembaran di album itu. Ia menunjuk beberapa foto kawan-kawannya, sesama pionir punk Indonesia, yang kini sukses menjadi pengusaha, pejabat pemerintah, bahkan tokoh agama. . Beliau yang sejak tadi aktif bercerita, tiba-tiba terdiam. Matanya memandang lurus pada sebuah foto di album itu. “Kalo sahabat saya yang satu ini sekarang sudah jadi anak metal, dik”. Ujarnya sambil tersenyum penuh arti setelah saya menanyakan siapa orang yang ada di foto itu. . Obrolan kami meluas ke ranah agama, politik sampai kepada pemeran pengganti presiden dalam gelaran Asian Games yang baru lalu itu. "Ah, kalo dia masih muda kayak dulu, mungkin ga perlu pake stuntman.." Gumamnya perlahan sambil menerawang. "Loh, bapak kenal sama presiden?" Tukas saya cepat. Lagi-lagi beliau hanya tersenyum penuh arti. . Hari menjelang sore dan saya pun mohon pamit karena saya harus mengejar kereta yang akan membawa saya pulang ke Jogja. . Kereta bergerak perlahan meninggalkan Jakarta. Dari balik jendela, lampu-lampu di sepanjang jalan tampak bagai fragmen-fragmen terpisah yang berkelindan dengan cepat. Lagu 'Rise Above' dari Black Flag mengiringi saya menuliskan kisah ini kepada anda.
A post shared by Agan Harahap (@aganharahap) on

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Presiden Beberkan Fakta Soal Hoax Foto Anak Muda Bergaya Punk yang Disebut Jokowi Muda"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.