Yang Ditunggu Hater! Siap Dipasarkan, Segini Harga Mobil Nasional Esemka Garuda. Mau Beli ?


Beritaterheboh.com - Setelah dinantikan kehadirannya sekian lama, akhirnya mobil perdana Esemka siap untuk dipasarkan secara resmi. Hal itu diketahui dari daftar yang ada di Kementerian Dalam Negeri.


Dilansir dari laman resmi Kemendagri, Senin 6 Mei 2019, daftar tersebut berisi mengenai mobil-mobil yang sudah diizinkan untuk dijual secara nasional. Dalam daftar, tercantum nama Esemka Garuda 1 2.0 M/T.




Kode yang mirip seperti itu, juga pernah muncul dalam daftar uji tipe Esemka di Kementerian Perhubungan. Garuda 1 menjadi salah satu model yang sudah lolos uji tipe.


Beberapa tahun lalu, wujud Garuda 1 sempat tertangkap kamera, tengah diangkut sebuah truk. Dari bentuknya, diketahui bahwa mobil itu mengusung desain sport utility vehicle.


Ada kemiripan antara mobil perdana Esemka itu, dengan produk buatan China, Guangdong Foday Automobile Landfort, yang diluncurkan pada 2015. Mulai dari bagian belakang, sisi hingga sektor kaki-kaki.


Dari kode yang digunakan, diketahui bahwa mobil tersebut mengusung mesin 2.000cc. Transmisi yang disediakan hanya satu, yakni manual.

Pada laman Kemendagri, merek yang digadang-gadang sebagai mobil nasional itu mencantumkan Nilai Jual Kendaraan Bermotor untuk Garuda 1 sebesar Rp209 juta. Angka tersebut mirip dengan NJKB milik Toyota Rush tipe S transmisi manual. Artinya, ada kemungkinan harga jualnya tidak jauh berbeda.


Esemka Garuda Terdaftar di Permendagri, Ini Harganya


 Esemka Garuda 1 telah terdaftar dalam Permendagri no. 14 tahun 2019. Ini menandakan bahwa proyek Esemka terus berlanjut.

Berdasarkan data tersebut diketahui bahwa Esemka Garuda 1 tergolong dalam mobil penumpang berjenis minibus. Mesin berkapasitas 1.200 cc dan dikawinkan dengan transmisi manual.

Di sana tercatat juga NJKB (nilai jual kendaraan bermotor) Esemka Garuda 1, mencapai Rp209 juta. Lantas, berapa harga Esemka Garuda 1 di pasaran nantinya?


Sebagai perbandingan, di sana tercatat NJKB Honda Brio 1.2 E CVT sebesar Rp127 juta, sedangkan harga jualnya mencapai Rp163,5 juta. Artinya harga jual adalah sekitar 130% dari NJKB.

Jika berpatok pada perbandingan tersebut, dengan NJKB Rp209 juta, diprediksi harga Esemka Garuda 1 akan berkisar di angka Rp265-275 jutaan.

Angka tersebut terbilang tinggi untuk sebuah mobil berkapasitas 1.200 cc. (otosia.com/viva.co.id)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yang Ditunggu Hater! Siap Dipasarkan, Segini Harga Mobil Nasional Esemka Garuda. Mau Beli ?"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.