Prabowo Minta Untuk Ditetapkan Jadi Presiden RI, Ini Peluang di MK


Beritaterheboh.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah memutuskan bahwa pasangan capres-cawapres Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin adalah pemimpin Indonesia terpilih periode 2019-2024. Namun pesaingnya, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, memutuskan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Bagi para pencari keadilan di coblosan, baik Pilkada, Pemilu Legislatif, sampai Pilpres, MK adalah pintu terakhir. Jika nanti putusan MK sudah diketok, maka akan bersifat final dan mengikat bagi seluruh pihak. Tidak bisa diganggu-gugat.

Oleh karena itu, kubu 02 mengerahkan segenap kekuatan agar MK mengabulkan seluruh gugatan mereka. Salah satu poin dalam gugatan tersebut adalah meminta MK memerintah KPU untuk melantik Prabowo-Sandi sebagai presiden dan wakil presiden. Atau kalau itu ditolak, minimal ada pencoblosan ulang bagi nama-nama di Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dinilai bermasalah.

Kalau melihat sejarah gugatan hasil Pilpres di MK, peluang Prabowo-Sandi praktis tidak ada. Pada 2009, MK menolak gugatan kubu Megawati Soekarnoputri-Prabowo dan Jusuf Kalla (JK)-Wiranto. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)-Boediono, sang pengumpul suara terbanyak di Pilpres berdasarkan perhitungan KPU, menjadi pemimpin Indonesia periode 2019-2014.

Kemudian pada 2014, MK kembali menolak gugatan kubu yang kalah di hasil perhitungan KPU. Permohonan Perselisihan Pemilihan Umum yang diajukan pasangan Prabowo-Hatta Rajasa ditolak seluruhnya sehingga Jokowi-JK menjadi pemimpin periode 2014-2019.

Jadi kalau melihat sejarah sengketa Pilpres di MK, maka Prabowo bisa dibilang nir harapan. Dari dua putusan MK, seluruhnya menolak permohonan pihak yang kalah suara di perhitungan KPU.

Namun kalau melihat putusan di level Pilkada, peluang kemenangan di kubu yang kalah di KPU lebih tinggi walau tidak tinggi-tinggi amat. Sejak 2008-2018, MK sudah memutus 982 perkara gugatan Pilkada. Hasilnya 76 dikabulkan, 474 ditolak, 400 tidak diterima, 27 ditarik kembali, dan 5 gugur.

Dari 982 putusan, dikabulkan 76 artinya persentase kemenangannya adalah 7,74%. Kecil, tetapi tidak nol. (Cnbcindonesia.com)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Prabowo Minta Untuk Ditetapkan Jadi Presiden RI, Ini Peluang di MK"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.