Kejanggalan Software DPT Siluman Karya Idham Saksi Prabowo Terbongkar Hingga Tuai Bulliyan Warganet


Beritaterheboh.com - Ada saksi menarik yang dihadirkan tim hukum BPN Prabowo-Sandi sebagai pihak pemohon dalam sidang sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi yakni Idham Amiruddin dia menyebut daftar pemilih tetap yang digunakan KPU bermasalah. Lantas apa alat yang digunakan saksi untuk membongkar DPT yang menurutnya bermasalah? Kita simak perbincangan jurnalis KompasTV Fristian Griec dengan saksi Prabowo-Sandi eksklusif berikut ini hingga jadi pergunjingan warganet



Bantahan Netizen


okeh,kembali ke video nomor 2.

saya bela2in nonton dgn menahan emosi ini tadi....

dia merasa bangga banget bisa menemukan misteri tgl lahir 0107xx dan 3112xx.


aku sebagai org yg tiap hari urusan ama katepe orang, udah lama paham akan adanya 2 tanggal istimewa tsb. yaitu adalah tanggal bagi orang yg ga tahu persis tanggal lahirnya. biasanya ini terjadi utk warga yg berusia lanjut, usia diatas 50tahun, dimana jaman mereka dulu tanggal lahir bukanlah sesuatu yg penting, jadi ga pada repot2 apalagi mikir traktiran ultah.

namun sebenernya, diantara mereka yg sama2 ga tahu tanggal lahirnya secara persis, diberikan nomor seri tambahan berupa 4 digit paling akhir utk membedakan org 1 dgn lainnya.

nah, dalam video ini, jadi tanda tanya besar buat saya, kenapa querynya justru dibikin mengabaikan 4digit tsb.... ya jelas aja hasilnya masive begini.... coba kalo 4 digitnya diperlihatkan, maka akan jelas bahwa NIK mereka sama sekali nggak ganda.

dia maen "wildcard" buat framing.....

dinas terkait silahkan klarifikasi dgn menghadirkan nama2 orang yg ada dalam tuduhan nik ganda tsb.... (Singgih Arfianto 18 hours ago)



1-780** ya klo dcari ya bakalan nemu yang sama dong ....

Bisa aja 7800001 / 7800002 / 7800003
Sperti hal nya 3/4 digit terakhir nomor hp bakal sma depan ny tp belakang ny akan berbeda beda ....(Jodoh ku 16 hours ago)



nice hand

6 hours ago
NIK terdiri dari 16 digit. Kode penyusun NIK terdiri dari 2 digit awal merupakan kode provinsi, 2 digit setelahnya merupakan kode kota/kabupaten, 2 digit sesudahnya kode kecamatan, 6 digit selanjutnya merupakan tanggal lahir dalam format hhbbtt (untuk wanita tanggal ditambah 40), lalu 4 digit terakhir merupakan nomor urut yang dimulai dari 0001. Sebagai contoh, misalkan seorang perempuan lahir di Kota Bandung tanggal 17 Agustus 1990 maka NIK-nya adalah: 10 50 24 570890 0001. Apabila ada orang lain (perempuan) dengan domisili dan tanggal lahir yang sama mendaftar, maka NIK-nya adalah 10 50 24 570890 0002. Apabila ada orang lain (laki-laki) dengan domisili dan tanggal lahir yang sama mendaftar, maka NIK-nya adalah 10 50 24 170890 0001.





















Janggal

Idham Amiruddin, saksi yang dihadirkan Tim Hukum Prabowo - Sandiaga dalam sidang sengketa hasil Pilpres 2019, mengakui telah membongkar data daftar pemilih tetap alias DPT memakai piranti lunak alias software khusus.

Namun, berbagai kejanggalan dalam software karya Idham Amiruddin ini akhirnya dibongkar oleh warganet.

Idham Amiruddin dalam program acara di Kompas TV, sempat mempraktikkan menggunakan software itu untuk mengungkap DPT siluman.

Aksi Idham Amiruddin dalam mempraktikkan software untuk menemukan kecurangan dalam DPT ini ramai diperbincangkan di media sosial.

Seorang warganet dengan akun Twitter @iam_jaka membongkar berbagai kejanggalan yang ada, dan menduga Idham Amiruddin telah berbohong dalam menampilkan data.

"Cuma mau ketawa aja, pakai software FoxPro for DOS pula. Data FoxPro for DOS itu tidak bisa terkoneksi ke internet server. Dan hasil laporan output program tidak bisa berupa file Excel (.xls). Pahami dulu logika software-nya bukan asal sok ahli IT," kata akun itu seperti dikutip Suara.com, Selasa (25/6/2019). 


Akun tersebut menjelaskan, data yang ditunjukkan Idham Amiruddin merupakan data hasil input manual, bukan dari DPT KPU. Sebab, FoxPro for DOS hanya bisa menggunakan data server lokal, bukan internet.


Hal senada juga diungkapkan oleh warganet lain dengan akun @idanyasw. Ia menegaskan, FoxPro for DOS yang digunakan oleh Idham Amiruddin hanya bisa mengolah data dari hasil input manual.

Karenanya, dapat dipastikan data yang ditampilkan oleh Idham Amiruddin bukanlah DPT dari KPU.


"Iya betul tidak masalah pakai apa, tapi FoxPro itu hanya bisa pakai database input manual (jadi hanya bisa pakai database yang ada dalam pc/laptop tersebut) tidak bisa akses database online dari web," ungkap akun @idanyasw.

Warganet lainnya juga memberi penjelasan mengenai FoxPro. Sumber data  yang diinput ke dalam FoxPro Idham Amiruddin masih belum jelas.

"FoxPro itu bahasa pemrograman sama seperti turbo pascal, C++, delphi (visual programming) dan untuk membuat progam sedang database harus diinputkan tidak bisa ujug-ujug masuk . Data dari mana? Yang input siapa? Yakin tidak ada salah input? Sudah sudah tunggu MK tanggal 27 aja ya," jelas @xtoperferry.


Sementara itu, warganet lain ikut berkomentar dengan tampilan FoxPro for DOS yang diklaim oleh Idham Amiruddin mampu menampilkan kecurangan.

"Gue bukan ahli IT tapi lihat basic OS nya DOS, koneksi cuma antar PC lokal. Sederhananya, input data sendiri, tampilin sendiri," ungkap @jojo_etnis.

"Jangan-jangan dia bikin dbf sendiri dan aplikasi sendiri, jadinya input suka-suka dia aja," ujar @meow_leader.


"Hahahaha (((lihai mengotak-atik software))). Software zaman internet belum jadi keniscayaan. Ternyata Bapak itu pintar melucu baik di dalam maupun di luar sidang," ungkap @hkushardanto. sebagaimana dilansir dari suara.com)





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kejanggalan Software DPT Siluman Karya Idham Saksi Prabowo Terbongkar Hingga Tuai Bulliyan Warganet"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.