[KLARIFIKASI] Sri Mulyani Disebut Naik Brompton, Ini Penjelasannya


Beritaterheboh.com - Foto Menteri Keuangan RI Sri Mulyani bersama suaminya, Tonny Sumartono sedang menaiki sepeda beredar di media sosial pada Jumat (6/12/2019).

Pengunggah foto ini menyebut bahwa sepeda yang dinaiki Sri Mulyani adalah sepeda Brompton.

Sepeda bermerek Brompton tengah ramai diperbincangkan menyusul kasus penyelundupan sepeda ini dari Perancis ke Indonesia melalui pesawat Garuda Indonesia.

Mengklarifikasi foto ini, pihak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menegaskan bahwa sepeda yang ada dalam foto bukan sepeda milik Sri Mulyani.

Narasi yang beredar
Salah satu akun Twitter @IlhamMWijaya, mengunggah foto Sri Mulyani bersama suaminya tengah naik sepeda lipat yang disebutnya bermerek Brompton.

"Menkeu Sri Mulyani dan Suami, sedang merasakan nikmatnya naik sepeda Brompton. Semoga bea masuk sepedanya sudah dibayar lunas," tulis Ilham dalam twit tersebut.

Pada foto itu, terlihat Menkeu dan suami memakai kaus berwarna orange.

Foto ini menuai beragam komentar. Ada yang mengoreksi narasi pengunggah dengan menyebut bahwa sepeda yang dinaiki Sri Mulyani dan suaminya bukan Brompton.

"Saya penggemar sepeda lipat dan itu bukan brompton . Kalau kamu nggak tahu nggak usah ngetweet lah," tulis akun @andikaseb.

Bagaimana cerita di balik foto ini? Benarkah sepeda ini sepeda Brompton milik Menkeu?

Kompas.com mengonfirmasi hal ini kepada Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Kemenkeu Nufransa Wira Sakti.

Nufransa mengungkapkan, kejadian yang ada dalam foto terjadi pada 2017.

Ia menyebutkan, momen yang terekam dalam foto itu adalah saat Sri Mulyani dan suami menghadiri rangkaian Hari Oeang Republik Indonesia (HORI).

"Foto tersebut diambil pada acara Sepeda Santai dalam rangkaian HORI tahun 2017," ujar Nufransa kepada Kompas.com, Jumat (6/12/2019).

Ia mengatakan, sepeda yang dipakai Menkeu dan suami bukan sepeda milik pribadi, tetapi sepeda yang disediakan oleh panitia HORI 2017.

"Kedua sepeda tersebut tidak dimiliki oleh Menkeu dan suami, tetapi disediakan oleh panitia HORI 2017," ujar Nufransa.

Mengenai mereknya, Nufransa mengaku tidak mengetahuinya.

Mengenai kasus penyelundupan sepeda Brompton yang turut menyeret petinggi Garuda Indonesia, Nufransa mengimbau agar masyarakat tidak berfokus pada mereknya, tetapi pada importasi ilegalnya.(*)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "[KLARIFIKASI] Sri Mulyani Disebut Naik Brompton, Ini Penjelasannya"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.