Meninggal Dunia, Ini Dia Sosok Johny Indo, Aktor yang Berubah Nasib Usai Keluar Penjara

Beritaterheboh.com - Johanes Hubertus Eijkenboom atau lebih populer dengan nama Johny Indo lahir di Garut, Jawa Barat, 6 November 1948. Pria 71 tahun ini meninggal dunia pada Minggu (26/1) pagi, sekitar pukul 07.45 WIB.

Johny Indo pernah amat tenar di Indonesia. Awalnya ia terkenal sebagai perampok toko emas di Jakarta dan sekitarnya pada era tahun 1970-an bersama kelompoknya, Pachinko. Padahal, sebelumnya, Johny terlebih dulu berpose sebagai seorang fotomodel. Ia kerap tampil sebagai bintang iklan, seperti iklan obat batuk hingga produk rokok.

Nama Johny mencuat seketika usai merampok toko emas di Cikini, Jakarta Pusat. Tak hanya sekali, Johny dan kawanannya saat itu mengulangi aksi yang sama sampai empat kali. Semua sasaran komplotan itu adalah toko emas.

Di kala menjalani hukuman tersebut, ia sempat melarikan diri pada tahun 1982. Pelarian yang hanya berusia 12 hari itu sempat jadi sensasi nasional, tetapi akhirnya Johny menyerahkan diri.

) Baru setelah bebas, Johny mendapat kesempatan untuk bermain film. Uniknya, film itu bercerita tentang kehidupannya sendiri, bertajuk Johny Indo, Kisah Nyata Seorang Narapidana (1987). Dari sana, ia beranjak ke sejumlah judul lain seperti Badai Jalanan (1989), Misteri Cinta (1989), hingga tiga film di tahun 1991, yakni Ajian Ratu Laut Kidul, Misteri Ronggeng, serta Daerah Jagoan.

Setelah era 1990-an, nama Johny Indo cenderung meredup. Ia diketahui sempat menjadi mualaf, juga naik haji pada awal tahun 2000-an. Johny lalu berganti nama jadi Umar Billah dan tak jarang berdakwah.

Keluarga Ralat Pernyataan Akan Makamkan Johny Indo Secara Kristen


Keluarga meralat pernyataan perihal akan memakamkan aktor senior, Johny Indo secara kristen. Hal itu disampaikan langsung oleh cucu Johny Indo, Santa kepadaSuara.com.

"Memang masih diputuskan sama kluarga besar baiknya gimana," ujar Santa saat dihubungi pada Minggu (26/1/2020).

Hingga kini, mereka belum tahu apakah pemakaman Johny Indo akan digelar secara kristen atau muslim.


"Nah kalau untuk dikuburin secara nasrani atau muslim, itu masih belum tau karna nanti tergantug rembukan keluarga besar bagaimana," kata Santa.

Aktor senior Johny Indo meninggal dunia pada Minggu (26/1/2020) pagi. Aktor berusia 72 tahun itu wafat sekira pukul 07.45 WIB. Sebelumnya, dia sempat hijrah menjadi muslim. Tapi kabarnya, dia kembali memeluk agama kristen. 

Nama Johny Indo sendiri sempat melambung di era 80-an akhir. Dia pernah membintangi sejumlah film seperti Badai Jalanan, Langkah-Langkah Pasti hingga Daerah Jagoan.

Sebelumnya, dia pernah dijebloskan di Penjara Nusakambangan karena merampok toko emas di Cikini, Jakarta Pusat pada 1979. Aksi perampokannya pun sempat membuatnya dijuluki Robin Hood Indonesia karena hasil rampoknya yang ia bagi-bagikan ke masyarakat miskin. Dia ditahan selama 14 tahun karena aksinya.(suara.com)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Meninggal Dunia, Ini Dia Sosok Johny Indo, Aktor yang Berubah Nasib Usai Keluar Penjara"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.