Jika Dipulangkan, Menag Ingin WNI Eks ISIS Dipekerjakan Lantaran....


Beritaterheboh.com - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi kembali angkat bicara mengenai wacana pemulangan para WNI mantan anggota ISIS ke Tanah Air. Fachrul mengatakan, jika para WNI tersebut dipulangkan, pembinaan harus dilakukan kepada mereka.

"Yakin sih enggak (dapat mengembalikan rasa nasionalisme WNI eks ISIS), tapi kadang-kadang emang logika itu emang wahana anak kecil ya, mungkin masih bisa lah gitu, dibina gitu ya. Mungkin dengan upaya-upaya pendekatan yang baik," kata Fachrul di kantor Kementerian Agama, Jalan Lapangan Banteng Barat, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Kamis (6/2/2020).

Dia mengatakan hal tersebut khususnya bagi para WNI yang berusia anak-anak, pembinaan perlu dilakukan. Sedangkan bagi WNI mantan anggota ISIS yang telah dewasa, Fachrul menyebut perlu dipikirkan mengenai pekerjaan mereka saat pulang ke Indonesia.

"Paling utama juga menurut saya dia kalau dia sudah balig, sudah dewasa sedikit, mesti ada kerjaannya. Kalau nggak, pasti dia bangkit lagi ke sana," sambungnya.

Fachrul pun menjelaskan pendapatnya soal peluang pekerjaan para WNI eks ISIS ini. Dia lalu menyinggung akan ada potensi kemunculan gerakan separatis jika pemikiran para WNI eks ISIS ini tidak dapat diubah dalam memandang sebuah negara.

"Udah pulang nggak ada kerjaan, nanti mungkin akhirnya kayak kaum-kaum di Aceh itu. Agak mirip mungkin ya meskipun nggak persis sama sekali. Kalau GAM-GAM (Gerakan Aceh Merdeka) gini kan nggak model sadis begini. Dia kan juga ideologinya kan juga bukan ideologi yang sangat radikal seperti ini. Dia hanya katakanlah hanya ingin memberontak dari pemerintahan yang sah. Ideologinya yakin sama-sama dengan kita-kita saja," jelas Fachrul.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan wacana pemulangan WNI mantan anggota ISIS akan dibahas bersama perwakilan kementerian lembaga di rapat terbatas (ratas) mendatang. Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengatakan tidak sepakat jika para WNI mantan anggota ISIS tersebut dipulangkan ke Tanah Air.

"Kalau saya mengatakan jangan dipulangkan, saran saya," kata Fachrul di kantor Kementerian Agama, Jalan Lapangan Banteng Barat, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Kamis (6/2/2020).

Namun dia menghargai proses yang sedang berjalan mengenai pemulangan WNI ini. Lalu apa yang akan dikatakan oleh Fachrul ke para perwakilan kementerian lembaga pada ratas mendatang?

"Tapi pasti nanti kalau dipulangkan gimana, wah karena begini kalau dipulangkan dampaknya begini-begini. Oke, misalnya kita asumsikan dipulangkan, apa yang mesti kita lakukan, pasti begitu," sambungnya.(detik.com)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jika Dipulangkan, Menag Ingin WNI Eks ISIS Dipekerjakan Lantaran...."

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.