Benarkah Berjemur Bisa Cegah Virus Corona? Ini Faktanya

Beritaterheboh.com -  Virus corona diketahui menyerang orang yang memiliki sistem imun tubuh yang lemah. Maka dari itu beberapa kebiasaan perlu dilakukan untuk menjaga imunitas tubuh, salah satunya disebut bisa dengan berjemur.

dr Adria Rusli SpP (K) dari Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RPSI) Sulianti Saroso menjelaskan berjemur bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh.

"Berjemur itu untuk membentuk provitamin D menjadi vitamin D. Memang vitamin D dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh kita," jelasnya saat dihubungi detikcom Jumat, (18/3/2020).

Dihubungi secara terpisah, dr Frans Abednego Barus, SpP, dari OMNI Hospitals Pulomas menjelaskan berjemur tidak secara spesifik mencegah virus corona. Selain itu ia menegaskan berjemur harus di waktu yang tepat.

"Jangan jadikan itu terapi yang utama, berjemur akan membantu kita karena ada sinar inframerah. Jam berapa dulu kita berjemur, inframerah yang Anda butuhkan itu antara jam setengah 7 sampai jam 7, di luar itu jangan berjemur, kanker kulit nanti akan terjadi," kata dr Frans.

Selain berjemur, ahli paru dari RS Persahabatan, dr Erlang Samoedro, SpP, juga menjelaskan tidur cukup bisa membantu menjaga imunitas tubuh. Namun hal ini tidak spesifik dijelaskan membantu untuk mencegah diri dari virus corona COVID-19.

"Cukup tidur kan untuk repair sistem pertahanan tubuh, kalau kita aktivitas siang terus tidur kemudian semua perbaikan-perbaikan akan terjadi di saat kita tidur, bisa meningkatkan imunitas tubuh," tutupnya.(detik.com)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Benarkah Berjemur Bisa Cegah Virus Corona? Ini Faktanya"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.