Diskusi Online dengan dr Tirta, Jerinx Merasa Sinyal Terganggu Saat Bicara Soal Teori Konspirasi

Beritaterheboh.com - Musisi I Gede Ari Sutisna alias Jerinx SID mencurigai adanya gangguan sinyal yang disengaja saat menggelar diskusi d...


Beritaterheboh.com - Musisi I Gede Ari Sutisna alias Jerinx SID mencurigai adanya gangguan sinyal yang disengaja saat menggelar diskusi dengan dr Tirta Mandira Hudhi di live Insstagram, Rabu (29/4/2020).

Jerinx dan dr Tirta saat itu membicarakan soal konspirasi di Indonesia saat wabah Corona di Indonesia.


"tadi percobaa live instagram saya dengan dr Tirta atau Cipeng,


kalian lihat ketika Tirta bicara sinyalnya baik-baik saja,


ketika saya mencoba membongkar atau menjelaskan tentang teori konspirasi sinyal langsung hancur,


apa itu kebetulan, kalian sendiri yang putuskan, yang jelas kami tidak membuat situasi seperti itu,


kami benar-bener ingin berdiskusi tentang konspirasi dan realitas rumah sakit apa adanya," kata Jerinx di Instagram.


Meski sinyalnya buruk, namun Jerinx dan dr Tirta sudah saling menemukan benang merah dalam diskusi di live Instagram.


Menurut Jerinx, rangkuman dari diskusi tersebut adalah meminta media untuk tidak menebar berita ketakutan ke masyarakat.


"rangkuman dari percakapan kami yang tertunda ini kami sudah menemukan garis besar,


kita harus sama-sama, medis, selebriti, siapapun, harus sama-sama menekan mengingatkan maisntream media mengurangi narasi ketakutan mereka,


ingatkan mereka jika jurnalisme tugasnya bukan untuk menakut-nakuti rakyat," kata Jerinx.


"dikarenakan susanh sinyal di menit-menit terakhir,


Bli J agak sangat sulit untuk hadir,


mungkin nanti kita buat diskusi lewat zoom atau apapun lebih better dari live,


kalau kita nekat live kemungkinan gak bisa dilanjutkan lagi," kata dr Tirta.


Dari hasil diskusi, dr Tirta dan Jerinx sepakat bahwa Covid-19 itu benar adanya dan berbahaya.


Meski demikian, dr Tirta tetap menekankan kita semua tak perlu takut.


"Covid itu ada setuju, Covid itu bahayanya nyata tadpi buka untuk ditakutin tapi untuk dihadapi,


kenali musuhmu 100 musuh kau lawan 1000 kali kau menang,


cara melawan covid edengan positif movement, nuturisi yang cukup cuci tangan dan mendukung usaha pemerintah dalam kebijakan dan tenggang rasa dan tetapkan empati untuk menolong sesama," kata dr Tirta.


Diketahui bersama, Covid-19 ini bukan hanya menyerang kesehatan, tapi juga berdampak pada ekonomi masyarakat.




" kita tahu gara-garear Covid itu mneyerang segala aspek termasuk ekonomi dunia dan Indonesia juga,


buat kalian yang masih memiliki kemampuan materil untuk mencegah temen di bawah yang membuthkan kita bisa saling bantu dengan memberi sembako," kata dr Tirta.


dr Tirta juga menyarankan agar masyarakat menjauhkan diri dari pemberintaan dengan tone negatif soal Covid-19.


"jauhkan dari berita negatif yang membuat kita semakin takut, sehingga membuat imunitas kita di bawah rata-rata,


karena Covid itu real, kita tidak boleh meremehkan tapi tetap tenang,


tidak takut tapi waspada, kita harus bersama saling membantu, " kata dr Tirta.


Soal teori konsopirasi yang dipaparkan Jerinx saat diskusi sebelumnya, dr Tirta meyakini Indonesia bisa melalui hal tersebut.


"kalau bener elite global ada, kalau bener yah karena teori konspirasi itu bisa dipahami,

terserah kalian percaya apa gak, Indonesia bisa melalui ini dengan baik," kata dr Tirta.

Diberitakan sebelumnya, Diskusi tersebut tampak berlangsung cair.

Bahkan keduanya sempat saling melempar candaan.

"Ini ngegas apa biasa aja nih?" tanya dr Tirta kepada Jerinx.

"Saya ga ada alasan untuk ngegas," jawab Jerinx.

"Orang ngegas ketemu orang ngegas jadinya biasa aja, netral," sambung dr Tirta seraya tersenyum.

"Nanti kalau mas ada yang omongannya mungkin saya anggap kurang masuk akal mungkin saya ngegas, tapi kayanya engga soalnya masnya keliatannya baik mukanya," ucap Jerinx berseloroh.

Tampak dr Tirta pun terpingkal mendengar ucapan Jerinx.

Sementara itu dalam diskusi tersebut, satu di antara hal yang dibahas adalah terkait narasi yang muncul di tengah pandemi virus corona.

"Kalau soal yang namanya narasi media, itu ibaratnya ini, orang naik motor ada potensi kecelakaan, dan kecelakan angka kematian tinggi,

tapi kalau kita naik motor belum tentu mati kan, kalau pakai helm,

kalau misal yang terjadi di Covid-19, covid itu danger, benar risiko ada, yang paling penting adalah orang kalau kena covid belum tentu mati, bisa selamat," tutur dr Tirta.

Diskusi Jerinx dan dr Tirta soal pandemi Covid-19.
Diskusi Jerinx dan dr Tirta soal pandemi Covid-19. (Instagram @jrxid)
Menurutnya, saat ini narasi perilhal pasien Covid-19 sembuh ini minim disampaikan.

"Narasi selamat ini yang ga digoreng," kata dr Tirta.

Jerinx pun nampak setuju dengan apa yang disampaikan dr Tirta.

"Itu dia, ini musuh kita berdua ini sama, covid dan narasi, covid kan udah musuh bersama," ucap Jerinx.

"Kenapa seolah ada narasi harapan itu dikubur, ketakutan itu dipupuk, jadi ketakuan-ketakutan, padahal harapan itu ada dimana-mana kalau masyarakat mau mencari, tapi sayang masyarakat kadang kadang gak punya, gatau akses untuk mencari, ketika mau tanya ke temen yang pinter, udah kemakan narasi," papar Jerinx.

dr Tirta mengakui dirinya sepakat dengan Jerinx terkait hal itu.

"Jujur kita ada kelurusan dan kesamaan.

Kenapa, kok orang stigmanya negatif banget sama covid, sampe pasien ga jujur, sampe pasien itu takut banget ngaku," urai dr Tirta.

Jerinx lantas menyinggung soal kesempatan pulih seorang pasien Covid-19.

"Nah, ini kesalahannya siapa, saya tidak suka bukan hobi saya menyalahkan orang tapi ini bukan masalah pribadi ini menyangkut kehidupan satu negara mungkin satu bumi.

ini yang memelihara menciptakan ketakutan luar baisa terhadap hal yang sebenarnya kesempatan untuk pulihnya gede banget itu siapa mas?" kata Jerinx.

dr Tirta kemudian menyoroti ketidak jujuran pasien.

"Jadi kalau yang menciptakan ketakutan ini terlepas dari alasan yang ada, tapi kalau kita seperti ini tuh adalah yang menyebabkan, satu pasien ga jujur, sampe jenazah ditolak, sampe aku ngerasain sendiri, sampe aku pulang ke komplek aja sempet mau diusir dari komplek sendiri," tuturnya.

Selain itu dr Tirta kembali menyinggung pengemasan narasi yang disampaikan ke publik.

"Jadi emang narasinya itu harusnya dari awal dibangunnya positif.

Jadi emang bener karena narasi buruk yang dibangun ke depannya akhirnya orang orang takut sama si covid,

borong masker APD itu jadi beruntun efeknya," ucap dr Tirta.



Artikel ini telah tayang di tribunnewsbogor.com dengan judul Diskusi Online dengan dr Tirta, Jerinx Merasa Sinyal Terganggu Saat Bicara Soal Teori Konspirasi,



Artikel ini telah tayang di tribunnewsbogor.com dengan judul Diskusi Online dengan dr Tirta, Jerinx Merasa Sinyal Terganggu Saat Bicara Soal Teori Konspirasi,
Name

ABDUL AZIZ,1,abu tours,10,agus,1,ahmad dhani,62,Ahok,396,ahoker,1,amien rais,4,Anies,16,AniYudhoyono,13,anti virus,1,asian games 2018,2,bahar smith,3,bbm,1,Bela Islam,4,Berita,3428,Berita Islam,14,bom bunuh diri,1,bom medan,12,bom surabaya 13 Mei,29,bpjs,4,corona,278,Daerah,72,data corona,59,debat capres,8,deddy,2,demo,1,demokrat,3,djarot saiful hidayat,21,dki,736,dpr,1,DPR/DPRD,19,Ekonomi,17,enter,1,entertainment,1785,erick tohir,1,fadli zon,42,fahri hamzah,17,farhat,5,first travel,8,FPI,189,ganti presiden,12,garuda,66,gempa bumi,1,gempa palu,6,gerindra,2,Gibran,44,guru honorer,1,habib bahar,1,habib rizieq,4,hatespeech,13,Hukum,239,ILC,17,intermezzo,3,Internasional,179,investasi bodong,2,Iriana Jokowi,4,Isu,1,Jakarta,119,jogja,1,Jokowi,197,jonru,2,Jusuf Kalla,8,Kaesang,49,Kahiyang,9,kampanye akbar Jokowi,1,kasus 22 mei,10,kasus ektp,3,kasus jessica,1,kasus sepakbola,6,kecelakaan,8,keraton agung sejagat,26,Kesehatan,1,Kontroversi,24,korban,1,KPK,1,Kriminal,16,leasing,1,lina sule,82,lion air,62,lucinta luna,71,mafia bola,1,Mario Teguh,3,mata najwa,13,mca,13,menteri susi,10,mudik,1,MUI,12,mulan jameela,1,mustafa nahra,1,najwa,1,nas,1,Nasional,490,News,3,Novel Baswedan,19,NU,46,NUSRON WAHID,3,ojol,3,Olahraga,13,Opini,245,PAN,1,papua,1,Partai,15,pdip,1,pemilu2019,1,Pendidikan,8,Peristiwa,44,Pilgub DKI,203,pilgub sumut,1,pilkada,5,pilkada2018,10,pilpres2019,48,PKB,1,pks,10,Politik,4898,POLRI,17,prabowo,2,pssi,1,Ragam,2,ratna sarumpaet,103,realcount,2,Revisi UU,1,ridwan kamik,1,ridwan kamil,1,risma,6,s,1,sandiaga uno,11,saracen,1,SBY,39,sejarah,1,Seleb,81,serba serbi,1,setnov,2,sidang MK 2019,35,sport,1,sunda empire,14,surat ahmad dhani,4,syilviana,2,T,1,telkomsel,1,Teror,9,teroris riau,2,Tips,2,TNI,10,tol cipularang,8,topic netizen,758,tragedi 9 mei 2018,22,tre,1,trending topik,1848,UAS,27,UN,1,Unik,1,
ltr
item
Berita Heboh: Diskusi Online dengan dr Tirta, Jerinx Merasa Sinyal Terganggu Saat Bicara Soal Teori Konspirasi
Diskusi Online dengan dr Tirta, Jerinx Merasa Sinyal Terganggu Saat Bicara Soal Teori Konspirasi
https://1.bp.blogspot.com/-is9ZMwXo1Sk/XqpIt7yruLI/AAAAAAAAtCM/XWsL35MKoXUlFOv4u9g4Zk75mVXgNbxCACLcBGAsYHQ/s1600/jrx.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-is9ZMwXo1Sk/XqpIt7yruLI/AAAAAAAAtCM/XWsL35MKoXUlFOv4u9g4Zk75mVXgNbxCACLcBGAsYHQ/s72-c/jrx.jpg
Berita Heboh
http://www.beritaterheboh.com/2020/04/diskusi-online-dengan-dr-tirta-jerinx.html
http://www.beritaterheboh.com/
http://www.beritaterheboh.com/
http://www.beritaterheboh.com/2020/04/diskusi-online-dengan-dr-tirta-jerinx.html
true
5276501411807228324
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content