Heboh Gambar Jokowi Salat Salah Kiblat, Ilustrator Beri Klarifikasi


Beritaterheboh.com - - Gambar ilustrasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat salat menjadi sorotan publik karena dinilai salah menghadap arah kiblat. Sang ilustrator gambar, Motulz Anto memberikan penjelasan mengenai gambar yang viral tersebut.

Melalui akun Twitter @motulz, CEO Kreavi itu memberikan penjelasan soal gambar Jokowi salah kiblat.

Ia menjelaskan gambar tersebut dibuat dengan menggunakan teknik Chiarosquro atau gelap-terang.

"Kebetulan gambar ini saya yang buat. Ini gambar aslinya ada dari beberapa gambar. Seri ini saya memang angkat teknik Chiarocquro atau gelap-terang," kata Motulz seperti dikutip Suara.com, Rabu (20/5/2020).

Motulz mengaku senang ada orang-orang yang peduli dengan hal-hal kecil dari hasil karyanya. Ia menjelaskan arah cahaya yang ada pada gambar ilustrasi tersebut tidak serta merta mewakili arah cahaya matahari.



"Jadi arah cahaya datang itu tidak serta merta arah matahari. Dipilih karena kebutuhan arah jatuh bayanganya," ungkapnya.

Dalam ilustrasi buatannya, ia mengambil setting lokasi di dalam ruangan sehingga mengabaikan arah cahara matahari. Dalam teknik chiaroscuro, arah cahaya bisa melalui apapun, tidak hanya matahari.

"Asumsinya outdoor lebih terang dari indoor, itu saja. Tapi terima kasih loh sudah concern," tutur Motulz.



Untuk diketahui, Jokowi mengunggah sebuah gambar pria sedang salat melalui akun Twitter miliknya. Dalam unggahan, Jokowi meminta agar masyarakat tak boleh lengah dengan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Tetap mencuci tangan, menjaga jarak, termasuk menghindari keramaian.

"Kunci keberhasilan pengendalian penyebaran Covid-19 adalah kedisiplinan kita. Disiplin untuk mencuci tangan, menjaga jarak, mengenakan masker dan menghindari keramaian," tulisnya.

Tetapi tak sedikit dari para netizen yang justru salah fokus dengan unggahan tersebut. Beberapa netizen justru fokus melihat gambar sketsa kartun yang menyertai imbauan Jokowi tersebut.

Dalam gambar tersebut terlihat seseorang yang tampak tengah melaksanakan ibadah salat. Tetapi beberapa netizen menyorot arah salatnya yang dinilai salah kiblat.

Sejumlah netizen yang melihat bahwa gambar tersebut representasi dari Jokowi kemudian melontarkan kritikannya yang mengaitkannya dengan penanganan pandemi Covid-19.





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Heboh Gambar Jokowi Salat Salah Kiblat, Ilustrator Beri Klarifikasi"

Post a comment

Note: only a member of this blog may post a comment.